loading...

Ciri-ciri Negara Maju Terlengkap

Pada pembahasan sebelumnya tentang pengertian negara maju telah memberikan gambaran kepada kita, disana disebutkan bahwa untuk melengkapi pemahaman seseorang terhadap pengertian negara maju, maka ia harus mengetahui apa ciri-ciri negara maju.

Pada pembahsan kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang ciri-ciri negara maju dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya.

Ciri-Ciri Negara Maju berdasar keadaan Ekonomi

Kemajuan suatu negara umumnya diukur dari keberhasilannya dalam memajukan bidang-bidang berikut ini. Suatu negara dikatakan maju pertama-tama dilihat dari perekonomiannya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

a) Pendapatan Per Kapita yang Tinggi

Pendapatan per kapita yang tinggi merupakan ciri utama negara maju. Salah satu penyebab tingginya pendapatan per kapita adalah kemampuan mengoptimalkan sumber daya perekonomian yang ada untuk menciptakan pendapatan.
Ciri-ciri Negara Maju Terlengkap
Estimasi Pendapatan Perkapita 7 Negara Maju tahun 2007

b) Kegiatan Utama pada Sektor Industri dan Jasa

Struktur ekonomi masyarakat di negara maju sudah bergeser dari perekonomian agraris ke perekonomian industri. Artinya, mata pencaharian pokok rakyat di negara maju berasal dari sektor industri dan jasa.

Akan tetapi tidak berarti hasil produksi pertanian di negara industri lantas mengecil. Pertanian di negara maju dikembangkan dengan teknologi canggih sehingga bisa lebih produktif dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.

c) Sumber Daya Alam Dimanfaatkan Secara Optimal

Sumber daya alam merupakan modal yang sangat penting bagi pembangunan untuk mencapai kesejahteraan manusia.

Sumber daya alam ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, terutama untuk makanan dan sumber energi. Di negara maju, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan lebih canggih serta sumber daya alam dapat dimanfaatkan secara optimal.

Akan tetapi, ada kecenderungan mereka mengeksploitasinya secara berlebihan karena kebutuhan terhadap energi di negara maju juga jauh lebih besar.

d) Produktivitas Nasional

Perekonomian modern ditandai dengan tingginya produktivitas nasional. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya efisiensi produksi dan jumlah produk yang dihasilkan.

Salah satu faktor pendorong adalah adanya spesialisasi (pembagian) kerja. Pembagian kerja akan meningkatkan kemampuan produksi buruh.

Setiap pekerja menjadi lebih efisien daripada sebelumnya. Spesialisasi bisa menghemat waktu, sekaligus meningkatkan keahlian pekerja. Akhirnya, produktivitas nasional pun meningkat.

e) Ketersediaan Modal

Untuk memulai sebuah usaha, tentu dibutuhkan modal. Modal ini dapat berupa uang, gedung (tanah), dan mesinmesin.

Modal dapat terkumpul apabila masyarakat tidak membelanjakan keseluruhan pendapatannya untuk kegiatan konsumsi, tetapi menyisihkan sebagian untuk ditabung atau dibelikan barang-barang modal.

Apabila modal tersebut telah dialihkan menjadi suatu usaha akan membuka lapangan kerja dan meningkatkan produksi. Akibatnya, perekonomian semakin membaik.

Di negara-negara maju, pembentukan modal dapat berlangsung secara efektif. Hal ini karena tingkat pendapatan masyarakat yang cukup tinggi. Pendapatan masyarakat tersebut sebagian ditabung sebagai pembentuk modal.

Silahkan baca: Ciri-ciri negara maju berdasarkan keadaan penduduk, budaya dan teknologi

0 Response to "Ciri-ciri Negara Maju Terlengkap"

Post a Comment