loading...

Definisi dan Pengertian Pajak Menurut Para Ahli

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian pajak, definisi pajak, arti pajak dan pengertian perpajakan yang semuanya didasarkan pada sumber dari para ahlinya.

Pada bab sebelumnya, kalian telah mempelajari mengenai pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.

Tentunya kalian masih ingat bukan, bahwa pemerintah adalah salah satu pelaku ekonomi. Pemerintah sebagai pelaku ekonomi akan melakukan kegiatan ekonomi salah satunya kegiatan konsumsi .

Kegiatan konsumsi pemerintah dibiayai dari keuangan negara. Darimanakah sumber keuangan negara? Salah satu sumber keuangan negara berasal dari pajak. Pajak inilah yang menjadi sumber dana terpenting untuk menjalankan roda pembangunan.

Pada pokok bahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai pajak, beserta jenis dan fungsinya dalam perekonomian. Oleh karena itu, agar kalian lebih memahaminya perhatikan penjelasan berikut ini.

Pengertian Pajak Menurut para Ahli

Tentunya kalian pernah mendengar istilah pajak. Apakah tanah dan rumah yang kalian tempati akan dikenai pajak? Apakah penghasilan yang diperoleh orangtua kalian atau saudara-saudara kalian juga akan dikenai pajak?

Kemudian jika kalian membeli barang-barang keperluan sekolah seperti buku, tas, dan bolpoin di toko, apakah barangbarang itu tidak dikenai pajak?

Ya, semua barang-barang yang tersebut di atas akan dikenai pajak. Lalu, apakah yang dimaksud pajak?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pajak adalah pungutan wajib, biasanya berupa uang yg harus dibayar oleh penduduk sbg sumbangan wajib kpd negara atau pemerintah sehubungan dng pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dsb;

Pajak adalah iuran yang harus dibayar oleh wajib pajak (masyarakat) kepada negara (pemerintah) berdasarkan undang-undang dan tidak memperoleh balas jasa secara langsung. Pajak diatur dalam UUD 1945 pasal 23 ayat (2).

Adapun pengertian pajak menurut Prof. Dr. Rochmat Soemitro, SH, bahwa pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang (dapat dipaksakan) dengan tidak mendapat balas jasa secara langsung yang dapat ditunjuk dan digunakan untuk membayar pengeluaran umum.
Definisi dan Pengertian Pajak Menurut Para Ahli
Tabel: Perbedaan Pajak dan Retribusi

Perbedaan pajak dan retribusi

Setelah kalian memahami tentang pengertian pajak. Kalian mungkin bertanya-tanya“Apa perbedaan pajak dengan retribusi? Apa retribusi itu?” Di antara kalian mungkin sudah mengenal retribusi dan melakukan aktivitasnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1997 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, retribusi adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau umum.

Pajak berbeda dengan retribusi. Meskipun pajak dan retribusi berbeda namun keduanya mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai sumber pendapatan. Contoh retribusi antara lain karcis parkir kendaraan, karcis pasar, karcis masuk terminal, dan lain-lain.

0 Response to "Definisi dan Pengertian Pajak Menurut Para Ahli"

Post a Comment