loading...

Indonesia: Contoh Negara Berkembang di Benua Asia

Contoh negara berkembang yang lain adalah negara kita, Indonesia. Namun, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang mempunyai ribuan pulau.

Akan tetapi, kemajuan negara Indonesia masih tertinggal di antara negara-negara tetangganya.

1) Perekonomian

Indonesia sebenarnya mempunyai potensi besar untuk maju karena sumber daya alamnya yang kaya. Hampir sama dengan India, jumlah penduduk yang besar yang menyebabkan Indonesia masih harus bekerja giat mengejar ketertinggalannya. Potensi apakah yang dimiliki oleh bangsa ini?

a) Pertanian

Indonesia memang dikenal sebagai negara agraris. Menurut World Factbook, sektor ini mampu menyumbangkan 13,8% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan 43,3% tenaga kerjanya bekerja di sektor ini.

Akan tetapi, akhir-akhir ini pertanian menjadi sektor yang terpinggirkan. Pemerintah lebih memilih melakukan impor bahan pangan untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. Hasil pertanian yang utama adalah beras, teh, kopi, rempah-rempah, dan karet.

b) Pertambangan

Dalam dunia pertambangan, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan kandungan mineral. Indonesia mempunyai sumber daya alam besar di luar Jawa.

Indonesi kaya dengan minyak mentah, gas, alam, timah, dan tembaga. Akan tetapi, akhir-akhir ini Indonesia menjadi pengimpor minyak mentah.

c) Industri

Industri memberi sumbangan cukup besar bagi PDB Indonesia, yaitu sebesar 46,7% (menurut data World Factbook). Industri yang berkembang di Indonesia antara lain tekstil, sepatu, semen, pupuk kimia, kayu lapis, dan makanan.
Indonesia: Contoh Negara Berkembang di Benua Asia
Negara Berkembang

2) Penduduk

Indonesia adalah negara dengan penduduk yang besar. Jumlah penduduk Indonesia mencapai peringkat keempat dunia. Jumlah penduduk yang besar ini memberi masalah yang cukup sulit diatasi.

Pengangguran, penyebaran penduduk yang tidak merata, kemiskinan, dan tingkat kesehatan yang rendah masih menjadi penghambat kemajuan bangsa.

3) Pendidikan

Pendidikan di Indonesia semakin tertinggal jika dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Indonesia telah menerapkan program pendidikan dasar 9 tahun.

Akan tetapi, tetap saja tidak semua penduduknya mampu sekolah. Penduduk Indonesia belum mencapai 100% yang melek huruf, baru mencapai 90,4% (menurut dari World Factbook).

0 Response to "Indonesia: Contoh Negara Berkembang di Benua Asia"

Post a Comment