loading...

Jenis-Jenis Bank Di Indonesia Dan Contohnya

Pembahasan kali ini adalah tentang jenis-jenis bank di Indonesia, produk-produk bank, bank pemerintah, jenis-jenis bank dan contohnya secara lengkap.

Jenis-Jenis Bank di Indonesia

Lembaga perbankan di Indonesia sudah berkembang dengan pesat. Ada bank yang didirikan oleh pemerintah, swasta, maupun investor asing. Berdasarkan jenis kegiatannya, lembaga perbankan di Indonesia terbagi sebagai berikut.

1) Bank Sentral

Apakah yang disebut bank sentral? Kamu telah mengenal tentang Bank Indonesia sebagai lembaga yang mengeluarkan atau menerbitkan uang kartal. Bank Indonesia inilah yang menjadi bank sentral di Indonesia. 

Bank sentral merupakan lembaga negara yang bebas dari campur tangan pemerintah atau pihak-pihak lain kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang.
Jenis-Jenis Bank Di Indonesia Dan Contohnya
BI

2) Bank Umum

Bank umum merupakan bank yang melakukan kegiatan usaha secara konvensional maupun berdasarkan prinsip syariah, yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Bank umum disebut juga bank komersial karena tujuannya adalah mencari keuntungan. Bentuk badan usaha bank umum dapat berupa perseroan terbatas, koperasi, maupun perusahaan daerah.

3) Bank Perkreditan Rakyat

Bank perkreditan rakyat (BPR) merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah, yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Fungsi utama BPR adalah memberikan bantuan kredit baik berupa kredit investasi maupun kredit eksploitasi dalam skala kecil dengan jaminan kepada rakyat yang berada di daerah.

0 Response to "Jenis-Jenis Bank Di Indonesia Dan Contohnya"

Post a Comment