loading...

Karakteristik Benua Amerika Utara dan Selatan Lengkap

Pembahasan kali secara umum menjelaskan tenang benua amerika baik amerika selatan maupun amerika utara, penduduk asli benua amerika, gunung tertinggi di benua amerika, pegunungan di amerika seltan, sungai terpanjang di benua amerika, batas-batas benua amerika, luas wilayah benua amerika, letak astronomis benua amerika, letak geografis benua amerika dan negara-negara di benua amerika.
Secara umum benua Amerika terbagi menjadi dua wilayah besar, yaitu benua amerika utara dan benua amerika selatan. Beberapa literatur memisahkan dua wilayah ini dengan pembahasan yang berbeda, namun secara umum masih membahasnya menjadi satu karena banyak kemiripan.

Karakteristik benua Amerika

  • Letak Astronomis Benua Amerika     : 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS
  • Letak geografis Benua Amerika         : Di belahan bumi barat dan terletak antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik, serta terletak antara Samudera Arktik dan Samudera Pasifik.
  • Luas Benua Amerika                          : 42.188.000 km2
  • Batas-Batas Benua Amerika:
  1. Sebelah Utara : Laut Arktik dan Pulau Greenland
  2. Sebelah Timur : Samudra Atlantik
  3. Sebelah Selatan: Samudra Pasifik Selatan
  4. Sebelah Barat : Selat Bering, Samudra Pasifik

Karakteristik Benua Amerika Utara

Amerika Utara merupakan benua terbesar ketiga di dunia, setelah benua Asia dan Afrika. Benua ini berada di bagian utara dari dua benua di belahan Bumi barat.

Wilayahnya meliputi daratan utama dan pulau-pulau di dekatnya yang berada di utara tanah genting Panama. Tanah genting ini menghubungkan Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Secara geografis, Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko adalah negara-negara di Amerika Utara. Namun, sering orang Eropa menganggap Meksiko termasuk ke dalam negara Amerika Tengah, bukan Amerika Utara.
Karakteristik Benua Amerika Utara dan Selatan Lengkap
Peta Benua Amerika utara

Bentang alam Benua Amerika Utara dapat dibagi menjadi lima bagian wilayah utama perisai Kanada, Pegunungan Appalachia, dataran pantai Teluk Atlantik (Atlantic-Gulf Coastal Plain), dataran rendah bagian dalam (interior lowlands), dan Cordillera Amerika Utara (North American Cordillera).

Cordilera Amerika Utara merupakan jalur pegunungan kompleks berumur muda yang terbentang dari Alaska sampai Meksiko.

Jalur pegunungan ini terdiri atas dua jalur, yaitu Coast Mountains dan Coast Ranger di tepi Pasifik di sebelah barat dan Pegunungan Rocky di sebelah timur. Kedua jalur pegunungan ini dipisahkan oleh sistem plato dan basin antarpegunungan.

Cordillera Amerika Utara dan Coastal Plain berlanjut ke selatan menuju Meksiko dan bergabung dengan jalur gunung api melintang. Jalur melintang ini merupakan zona tinggi dan puncak-puncak gunung api aktif di selatan Kota Meksiko.

Di wilayah Meksiko terdapat Plato Meksiko yang dibatasi oleh Pegunungan Sierra Madre Oriental dan Sierra Madre Occidental yang merupakan kelanjutan dari sistem plato antar pegunungan di Amerika Utara.

Sungai terpanjang di amerika

Di Benua Amerika Utara mengalir sungai-sungai besar. Sungai Missouri-Mississippi (6.020 km) adalah sungai terpanjang di Amerika Utara. Sungai Missouri-Mississippi bersama Sungai Ohio dan cabang-cabangnya sebagian besar mengalir ke selatan dan membentuk sistem pengairan.

Sungai-sungai lainnya adalah Sungai Kolorado, Kolombia, Delaware, Machenzie, Nelson, Rio Grande, Saint Lawrence, Sue Quchanna, serta Yukon.

Danau Superior (82.414 km2) merupakan danau terbesar di Benua Amerika Utara berada paling barat dari danau-danau besar yang ada, yaitu Danau Ontario, Erie, Huron, dan Michigan.

Karakteristik Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan terletak di bagian selatan dari dua benua yang ada di belahan Bumi barat. Panjang benua ini mencapai 7.640 km mulai dari Punta Gallimas, Kolombia di utara sampai Cape Horn, Cile di selatan.

Tempat terlebar terletak berdekatan dengan ekuator yang mencapai 5.300 km dari timur ke barat. Dilihat bentuknya, Benua Amerika Selatan mirip sebuah mangkuk.  Menurut sejarah geologi, benua ini pernah menyatu dengan Benua Afrika.
Karakteristik Benua Amerika Utara dan Selatan Lengkap
Peta Benua Amerika Selatan

Secara topografis, Benua Amerika Selatan dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama, yaitu Cordillera Amerika Selatan (Pegunungan Andes), Dataran Rendah bagian Dalam (Interior Lowland), dan Perisai Benua (Continental Shield).

Perisai benua di bagian timur benua dipisahkan oleh Dataran Tinggi Guyana dan Dataran Tinggi Brasilia. Wilayah di sebelah dalam benua terbentang dataran rendah mulai dari Ilanos (barat laut Dataran Tinggi Guyana) di sebelah utara ke arah selatan melalui Selva Basin Amazon dan Gran Chaco sampai Pampa Argentina.

Cordillera besar yang terletak sejajar dengan pantai Pasifiktersusun atas rangkaian Pegunungan Andes serta gabungan lembah dan plato. Sejumlah puncak dari Pegunungan Andes tertutup salju.

Gunung Aconcagua (6.960 m) di Argentina merupakan puncak tertinggi di belahan Bumi barat (Benua Amerika). Pegunungan Andes merupakan wilayah aktif gempa sehingga sering terjadi gempa.
Gunung-gunung api yang ada saat ini sebagian besar tidak aktif. Patagonia merupakan wilayah plato semiarid yang berangin. Wilayah ini terbentang di sebelah timur Pegunungan Andes di selatan Argentina. Di bagian utara Cile terbentang padang pasir Atacama yang gersang.

Di Benua Amerika Selatan, sistem sungai besar bermuara di Samudra Atlantik dan Laut Karibia. Sungai-sungai yang ada dari utara ke selatan adalah Sungai Magdalena, Orinoco, Amazon, dan Paraguay–Panama, sementara yang bermuara ke Samudra Pasifik, sungai-sungainya pendek.

Danau Titicaca merupakan danau terbesar di Benua Amerika Selatan. Danau ini terletak di perbatasan negara Peru dan Bolivia. Mengapa bukan Danau Maracaibo yang terbesar di Benua Amerika Selatan? Ternyata, Danau Maracaiboberhubungan langsung dengan Laut Karibia sehingga lebih tepat disebut teluk.

0 Response to "Karakteristik Benua Amerika Utara dan Selatan Lengkap"

Post a Comment