Karakteristik Benua Antartika Lengkap

Secara garis besar pembahasan ini adalah tenag benua Antartika, karakteristik benua antartika, letak astronomis benua antartika, letak geografis benua antartika, batas-batas wilayah benua antartika, penduduk benua antartika, iklim benua antartika, bentang alam benua antartika, dan suku-suku benua antartika.

Karakteristik Benua Antartika

Benua Antartika jarang diperbincangkan orang, bahkan kamu mungkin belum tahu tentang benua ini. Benua Antartika merupakan benua yang tidak dihuni manusia, tempat paling dingin di Bumi dan hampir seluruh wilayahnya tertutup salju. Benua ini terletak di Kutub Selatan Bumi.

Karakteristik Benua Antartika Lengkap
Peta Benua Antartika

Karakteristik benua Antartika

Letak Astronomis Benua Antartika : 66,5 – 90 LS (tidak ada keterangan untuk garis bujur, karena berada di daerah kutub)

Letak geografis Benua Antartika dibatasi oleh Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Luas wilayah Benua Antartika : 15.540.000 km/segi

Penduduk benua antartika: Sampai saat ini tidak ada penduduk yang menetap di Benua Antartika. Manusia hanya datang untuk tujuan-tujuan tertentu seperti penelitian, penjelajahan, wisata dan berburu binatang kutub.

Benua Antartika dibagi dua oleh pegunungan yang terdapat antara Laut Ross dan Laut Weddell. Wilayah Antartika Barat memiliki luas 6.475.000 km2 berbentuk suatu kepulauan berpegunungan, termasuk Semenanjung Antartika. Wilayah Antartika Timur seluas 7.770.000 km2, secara geologi merupakan suatu perisai benua.

Wilayah Antartika Barat dan Timur tergabung menjadi massa benua tunggal oleh lapisan es yang tebal. Pada pinggir benua yang berbatasan dengan laut massa lapisan es pecah menjadi bongkahan es dan mengambang ke tengah laut.

Apakah wilayah Antartika seluruhnya tertutup es? 


Tidak. Ada beberapa wilayah yang tidak tertutup es. Wilayah Antartika yang tidak tertutup es kurang dari 5%, yaitu meliputi puncak-puncak gunung, lembah-lembah kering, serta sebagian daerah pantai dan pulau-pulau.

Daratan Antartika Timur berada serta dekat permukaan laut, kecuali rangkaian pegunungan dan kubah benua yang tertutup es. Ketinggian kubah benua mencapai 4.000 m.

Di wilayah Antartika Barat memiliki relief es yang bervariasi, misalnya pulau-pulau berpegunungan dan rangkaian pegunungan bawah laut yang tertutup lapisan es.

Pada tahun 1970 banyak danau berair ditemukan di bawah lapisan es benua, contohnya Danau Vostok. Danau Vostok berukuran 280 km dan 60 km serta kedalamannya 500 m merupakan danau terbesar di Antartika.

Pulau-pulau bergunung di Antartika Barat berkaitan dengan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Secara struktural, hubungan keduanya dapat dilihat dari Semenanjung Antartika dan Busur Scotia (Pulau Georgia Selatan, Kepulauan Orkney Selatan, dan Kepulauan Sandwich Selatan).

Pegunungan Semenanjung Antartika dan Pegunungan Moric Byrd Land memiliki ketinggian yang sebanding, yaitu sekitar 3.350 m. Pegunungan Ellsworth yang terletak di massa es Ronne merupakan pegunungan tertinggi di Antartika. Puncak tertinggi Benua Antartika adalah Vinson Massif (5.140 m).