loading...

Karakteristik Benua Australia Lengkap

Artikel ini secara umum akan membahas tentang karakteristik benua australia, negara-negara bagian australia, suku atau penduduk asli australia, negara di benua australia, letak astronomi australia, negara maju dan berkembang di benua australia, letak geografis australia, iklim dan keadaan alam benua australia, batas-batas wilayah benua australia, sungai terpanjang di benua australia, luas benua australia, kondiso fisik benua australia, gunung tertinggi di benua australia, serta gurun terluas di australia.

Pada peta dunia atau globe, benua memiliki topografi kasar serta berwarna hijau, kuning, dan cokelat. Sementara itu, samudra tampak rata dengan topografinya halus dan berwarna biru.

Kenampakan berbagai bentang alam dengan bentuk dan ketinggian yang berbeda-beda menjadikan karakteristik suatu benua tampak berbeda dengan benua yang lain.

Karakteristik Benua Australia

Pada peta dunia atau globe, Benua Australia mudah teridentifikasi karena letaknya menyendiri di belahan Bumi selatan dan berdekatan dengan Indonesia.

Dibanding dengan benua lain, Benua Australia memiliki topografi paling rata. Perubahan ketinggian tempat tidak terjadi sampai jarak ratusan kilometer.

Karakteristik Benua Australia
Peta Benua Australia

Karakteristik benua Australia:

  • Luas benua australia    : 7.686.850 km2
  • Jumlah penduduk         : 31,26 juta (2009)
  • Letak astronomis benua Australia : 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS
  • Batas-Batas Benua Australia :
  1. Barat    : Samudra Hindia (Samudra Indonesia)
  2. Timur   : Samudra Pasifik
  3. Utara    : Laut Timor dan Laut Arafuru
  4. Selatan : Samudra Hindia
  • Ibukota                            :  Canberra
  • Bentuk Pemerintahan      : Monarki Konstitusional
  • Bentuk Negara                : Federasi
  • Kepala Negara                 : Ratu/ Raja Inggris diwakili Gubernur Jenderal
  • Kepala Pemerintahan      : Perdana Menteri
  • Penduduk Asli                 : Suku Aborigin
  • Penduduk Pendatang       : Orang Eropa terutama Inggris.
  • 6 Negara Bagian dan 2 Wilayah Teretorial Australia
  1. New South Walles Ibukota Sydney
  2. Queensland Ibukota Brisbane
  3. Australia Barat Ibukota Perth
  4. Australia Selatan Ibukota Adelaide
  5. Victoria Ibukota Melborne
  6. Tasmania Ibukota Hobart
  7. Teretorial Ibukota Australia Ibukota  Canbeera
  8. Teritorial Utara  atau Australia Utara Ibukota Darwin

Sebagian besar bentang alam benua adalah plato rendah. Pada sisi barat dan timur terdapat dataran rendah pantai. Benua Australia dapat dibedakan menjadi lima kawasan bentang alam utama sebagai berikut.

a) Plato Barat

Pada awalnya Plato Barat merupakan dataran tinggi sangat luas kemudian mengalami erosi. Kawasan ini terdiri atas Plato Hammersley, Plato Kimberly, Plato Tanah Arnhem, Pegunungan Rendah Macdonnell dan Musgrave, serta monolit raksasa (batu besar), Uluru atau Ayer’s Rock.

Beberapa batuan yang ada di kawasan ini merupakan batuan tertua di dunia, yang berumur lebih dari 3.000 juta tahun. Erosi selama jutaan tahun membuat batuan ini terkikis dan aus.

Sebagian dari batuan sedimen (endapan) dan batuan beku di kawasan ini telah berubah menjadi batuan metamorfik (malihan). Sebagian besar batuan pembentuk plato mengandung endapan mineral penting, seperti bijih besi, intan, dan nikel.

Sebagian besar Plato Barat berupa gurun pasir dan wilayah luas yang tidak bersungai. Sungai yang ada, seperti Sungai Ord, Gascoyne, dan Murchison, mengalir ke barat atau utara.

b) Dataran Rendah Tengah

Kawasan ini terbentuk dari endapan dan membentang dari pantai utara di Teluk Carpentaria ke selatan di dataran rendah Sungai Murray dan Darling.

Di kawasan ini terdapat cekungan Carpentaria (sebelah utara) dan cekungan Danau Eyre (sebelah selatan). Sebagian besar sungai mengalir tidak tetap (ketika hujan) ke danau-danau di daerah pedalaman dan tidak pernah sampai ke laut.

Danau dan sungai terbesar di Australia

Danau Eyre merupakan danau terbesar dan tanpa air (danau garam) hampir sepanjang tahun. Di selatan cekungan Danau Eyre terdapat cekungan Murray– Darling. Di cekungan ini mengalir sungai terbesar di Australia, yaitu Sungai Murray dan Darling.

c) Dataran Tinggi Timur

Kawasan ini dikenal dengan Pegunungan Pemisah Besar. Dataran tinggi ini terbentuk oleh gunung-gunung tua yang telah tererosi dan membentang dari Semenanjung Cape York ke selatan arah Tasmania.

Pegunungan yang ada antara lain Pegunungan Biru (Blue Mountains) di sebelah barat Sydney dan Pegunungan Salju (Snowy Mountains) di sepanjang perbatasan negara bagian New South Wales dan Victoria.

Gunung tertinggi di benua Australia

Pegunungan Salju merupakan pegunungan tertinggi di Australia. Puncak Pegunungan Salju adalah Gunung Kosciusko (2.228 m) yang merupakan gunung tertinggi di Australia.

Dataran tinggi timur merupakan daerah hulu dari banyak sungai yang mengalir ke pantai timur dan ke daerah pedalaman. Sungai Murray (2.520 km) dan Sungai Darling (3.750 km) mengalir ke arah pedalaman kemudian menuju ke Laut Selatan.

d) Dataran Pantai Barat

Dataran ini terbentuk akibat sesar batuan di sepanjang pantai barat Benua Australia. Sesar batuan di pantai yang sempit telah tertekan ke bawah sehingga membentuk dataran pantai.

e) Dataran Pantai Timur

Sesar batuan di Dataran Tinggi Timur di sepanjang pantai timur menimbulkan dataran rendah pantai yang sempit. Jalur pantai yang sempit itu terdiri atas lembah-lembah sungai dan bukit-bukit.

Beberapa sungai pendek antara lain Sungai Burdekin, Fitzrog, dan Hunter penting bagi pertanian dan penduduk. Sungai Hawkesburg, Parramatta, dan Georges adalah sungai yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian.

Selain bentang alam daratan, Benua Australia juga memiliki karakteristik landas benua (shelf) yang unik. Di sebelah timur benua, yaitu di lepas pantai Queensland terdapat kawasan terumbu karang sangat luas yang disebut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef). Karang ini terbesar dan terpanjang di dunia.

0 Response to "Karakteristik Benua Australia Lengkap"

Post a Comment