loading...

Karakteristik Benua Eropa Lengkap

Secara umum pembahasan ini mencakup tentang karakteristik benua eropa, negara maju di benua eropa, negara berkembang di benua eropa, jumlah penduduk benua eropa, letak astronomis benua eropa, letak geografis benua eropa, letak geologis benua eropa, batas-batas wilayah benua eropa, dan bentang alam benua eropa serta iklim benua eropa.

Karakteristik Benua Eropa

Benua Eropa merupakan gabungan dari beberapa semenanjung. Dua semenanjung besar, yaitu daratan utama Eropa dan Skandinavia, dihubungkan oleh Laut Baltik. Tiga semenanjung lebih kecil, yaitu Iberia, Italia, dan Balkan berada di bagian selatan menghadap Laut Mediterania.

Laut ini menjadi batas wilayah Benua Eropa dan Afrika. Di bagian timur daratan utama Eropa yang luas tampak seperti mulut cerobong asap.

Topografi atau relief daratan Benua Eropa sangat bervariasi. Di wilayah bagian selatan berderet pegunungan, yaitu Pegunungan Alpen, Pyrenees, dan Carpathian. Ke arah utara dari pegunungan itu merupakan wilayah berbukit-bukit yang luas sampai mencapai dataran rendah di wilayah utara dan timur.

Busur dataran tinggi terdapat di wilayah barat laut, mulai Pulau Inggris dan berlanjut sepanjang Pegunungan Norwegia. Rangkaian Pegunungan Alpina melintang di wilayah Benua Eropa dari barat ke timur.
Karakteristik Benua Eropa Lengkap
Peta Benua Eropa

Karakteristik benua Eropa

  • Letak Astronomis benua Eropa : 10 BB- 66 BT dan 34 LU – 71 LU
  • Luas Benua Eropa                     : 10.507.630 km2
  • Batas-Batas Benua Eropa
  1. Sebelah Utara : Samudra Arktik
  2. Sebelah Timur : Benua Asia
  3. Sebelah Selatan : Laut Tengah dan Laut Hitam
  4. Sebelah Barat : Samudra Atlantik
  • Pendudu benua Eropa 
          Penduduk ini dapat dibedakan menjadi lima kelompok yaitu:
  1. Suku bangsa Nordik: bermata biru dan berambut sangat pirang. Mereka tinggal diwilayah utara yaitu Jerman, Belanda, dan Semenanjung Skandinavia.
  2. Suku bangsa Alpina: bermata coklat dan berambut pirang. Mereka tinggal diwilayah tengah, seperti Perancis, Swiss dan Belgia.
  3. Suku bangsa Mediteran : Bermata agak kecoklatan, dan berambut hitam bergelombang. Mereka tinggal di italia, Yunani,dan Spanyol.
  4. Suku bangsa Slavia : Bermata Abu-abu Biru, rambut pirang keputih-putihan. mereka tinggal di Bulgaria, Rusia, Slovakia, dan yugoslavia.
  5. Suku bangsa Dinara : Berambut Gelap, suku bangsa ini tinggal di Rumania.

Gunung tertinggi di eropa

Rangkaian pegunungan ini terdiri atas Pegunungan Pyrenees, Alpen, Carpathian, Balkan, dan Kaukasus. Puncak tertinggi adalah Gunung Elbrus (5.633 m) di Pegunungan Kaukasus dan Gunung Mont Blanc di Pegunungan Alpen.

Tempat terendah (–28 m) adalah Laut Kaspia. Antara pegunungan di Semenanjung Skandinavia (bagian utara) dan rangkaian Pegunungan Alpina di bagian selatan, terbentang dataran tinggi Eropa Tengah yang dikelilingi dataran Eropa.

Dataran tinggi ini membelah wilayah Eropa mulai pantai Atlantik di Prancis sampai Pegunungan Ural. Dataran Eropa yang luas diselingi oleh kelompok kecil pegunungan dan bukit-bukit.

Sebagian besar dataran ini merupakan tanah pertanian yang subur. Di wilayah timur dan utara terdapat hutan, stepa, danau, dan tundra yang luas.

Di bagian selatan rangkaian Pegunungan Alpina membentang Semenanjung Iberian, Italia, dan Balkan yang berbentuk pegunungan.

Dataran Po (antara Pegunungan Alpen dan Appenina) dan Dataran Alfold (antara Pegunungan Carpathian dan Alpen) merupakan wilayah subur dan sangat berkembang.

Sistem sungai utama di Eropa dari timur ke barat antara lain Sungai Volga, Don, Dniper, Danube, Vistula, Oder, Elbe, Rhine, Rhone, Loire, Garonne, dan Tagus.

0 Response to "Karakteristik Benua Eropa Lengkap"

Post a Comment