loading...

Karakteristik Samudra (Pasifik, Hindia, Arktik, Atlantik) Lengkap

Garis besar pembahasan kali ini adalah tentang nama-nama samudra di dunia, karateristik samudera pasifik, karakteristik samudra arktik, karakteristik samudra hindia, karakteristik samudra atlantik, samudra terluas, samudra terbesar di dunia, letak samudra pasifik, karakteristik samudra antartika, ciri khusus samudra arktik, dan batas-batas samudra.

Karakteristik Samudra-samudra di Dunia

Karakteristik samudra dapat dilihat dari rupa dasar samudra dan karakteristik lainnya, seperti iklim, temperatur air laut, salinitas, arus laut, dan kenampakan sekeliling wilayah samudra.

Samakah keadaan medan samudra-samudra di Bumi ini? Tentu berbeda-beda meskipun sama-sama tubuh perairan yang luas dan berkadar garam tinggi. Keadaan medan tiap-tiap samudra dapat kamu ikuti pemaparannya sebagai berikut.
Karakteristik Samudra (Pasifik, Hindia, Arktik, Atlantik) Lengkap
Samudra-samudra di Dunia

a) Karakteristik Samudra Hindia

Di Samudra Hindia bagian selatan, permukaan samudra didominasi oleh sistem arus berputar yang luas dan arahnya berlawanan dengan jarum jam. Pembalikan arus permukaan terjadi di bagian utara Samudra Hindia.

Pada musim panas tekanan udara rendah di atas wilayah Asia Barat Daya menghasilkan muson barat daya serta arus dan angin dari barat daya menuju timur laut.

Lantai samudra didominasi oleh punggung tengah Samudra Hindia (Mid-Indian Ocean Ridge) dan dibagi atas punggung bagian tenggara, punggung bagian barat daya, dan punggung Ninetyeast.

b) Karakteristik Samudra Arktik

Bagian tengah permukaan Samudra Arktik tertutup oleh bongkahan es kutub abadi yang terapung dengan ketebalan sekitar 3 meter.

Pola aliran searah jarum jam terdapat di Beaufort Gyral Stream dan di dekatnya terjadi gerakan aliran lurus dari Kepulauan Siberia Baru (Rusia) ke Selat Denmark (antara Greenland dan Eslandia).

Selama musim panas, bongkahan es di Samudra Arktik mencair di bagian tepinya. Ketika musim dingin, ukuran bongkahan es membesar dan meluas mengelilingi massa daratan.

Lantai Samudra Arktik berupa 50% landas benua (terbesar dibanding semua benua). Di bagian tengah cekungan samudra terdapat tiga punggung laut, yaitu Alpha Cordillera, Nansen Cordillera, dan Lomonosor Ridge.

c) Karakteristik Samudra Atlantik

Pada bulan Oktober–Juni biasanya permukaan Samudra Atlantik di Laut Labrador, Selat Denmark, dan sebagian pantai Laut Baltik tertutup es.

Arus hangat yang berputar searah jarum jam terpadu di Samudra Atlantik bagian utara dan arus hangat yang berputar berlawanan arah jarum jam terjadi di bagian selatan.

Lantai samudra didominasi oleh punggung Atlantik Tengah (Mid-Atlantic Ridge) yang membelah cekungan Atlantik dengan arah utara–selatan.

d) Karakteristik Samudra Pasifik

Arus permukaan di Samudra Pasifik bagian utara didominasi oleh arus hangat yang berputar searah jarum jam. Di Pasifik bagian selatan didominasi oleh arus dingin yang berputar berlawanan arah jarum jam.

Di Samudra Pasifik bagian utara laut es terbentuk di Laut Bering dan Laut Okhotsk pada musim dingin. Di Samudra Pasifik bagian selatan, laut es terbentuk pada bulan Oktober di wilayah yang berbatasan dengan Samudra Antartika.

Dasar Samudra Pasifik bagian timur didominasi oleh kenampakan khusus, sedang di bagian barat dibelah oleh palung-palung dalam, termasuk Palung Mariana (±10.924 m) yang merupakan palung terdalam di dunia.

0 Response to "Karakteristik Samudra (Pasifik, Hindia, Arktik, Atlantik) Lengkap"

Post a Comment