Loading...

Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) Irian Barat

Pelaksanaan Pepera di kabupaten-kabupaten di Irian Barat, berlangsung mulai tanggal 14 Juli 1969 dan berakhir tanggal 4 Agustus 1969. Hasilnya adalah rakyat Irian Barat ingin bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hasil Pepera ini dibawa oleh utusan Sekjen PBB Ortis Sanz ke Sidang Umum PBB ke-24, bulan November 1969. Dalam sidang tersebut PBB menerima hasil-hasil Pepera yang telah dilaksanakan sesuai dengan Persetujuan New York.

Usaha yang dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk memajukan kesejahteraan rakyat Irian Barat seperti di bawah ini.

a. Dalam bidang pendidikan dengan mengirimkan tenaga guru.

b. Dalam bidang sosial dengan menyelenggarakan Operasi Susana.

c. Mendirikan Universitas Cenderawasih di Jayapura.

d. Membangun industri pertambangan minyak dan tembaga.
Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) Irian Barat
Pepera

Harus diakui bahwa Amerika Serikat berjasa dalam membantu perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut Irian Barat. Peran mereka antara lain dengan diadakannya Persetujuan New York.

Kini, setelah Irian Barat berhasil kita rebut, Amerika Serikat hadir kembali di Bumi Cendrawasih. Mereka mengeksploitasi kekayaan alam Irian melalui perusahaan Freeport.

Alam Irian rusak parah, kekayaan alam tersedot, dan rakyat tetap miskin. Bagaimana kamu menyikapi hal tersebut? Diskusikan dengan kedua orang tuamu.

Loading...

0 Response to "Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) Irian Barat"

Post a Comment