loading...

Pengertian Akomodasi dan Contohnya Lengkap

Berbagai perubahan yang terjadi dalam masyarakat menuntut adanya penyesuaian. Bentuk dari penyesuaian yang dapat dilakukan oleh warga masyarakat dalam menghadapi perubahan sosial diantaranya adalah dengan asimilasi dan akomodasi.

Pengertian Akomodasi

Pengertian Akomodasi dan Contohnya Lengkap
Akomodasi
Menurut Soerjono Soekanto, istilah akomodasi digunakan dalam dua arti, yaitu sebagai suatu keadaan dan proses.

Sebagai suatu keadaan, akomodasi diartikan sebagai kenyataan adanya suatu keseimbangan hubungan antarindividu atau kelompok dalam berinteraksi.

Sebagai suatu proses, akomodasi dimaksudkan sebagai usaha manusia untuk meredakan atau menghindari konflik dalam rangka mencapai kestabilan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, akomodasi adalah penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan.

Dalam arus perubahan sosial yang sangat deras, muncul tuntutan dan penyesuaian-penyesuaian baru. Apabila tuntutan dan penyesuaian baru itu kurang atau bahkan tidak dapat diterima dan tidak dilakukan, akan menimbulkan guncangan sosial dalam masyarakat.

Guncangan-guncangan tersebut membawa potensi bagi munculnya disintegrasi. Proses akomodasi sebenarnya merupakan upaya untuk mencari terobosan terhadap banyaknya tuntutan dan pertentangan dalam masyarakat.

Secara sosiologis, akomodasi sebagai upaya penyelesaian konflik memiliki tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan situasi yang dihadapi, misalnya untuk mengurangi konflik antarindividu atau kelompok sebagai akibat perbedaan paham, untuk mencegah meledaknya konflik untuk sementara waktu, dan agar terjadi kerja sama antarkelompok sosial yang saling terpisah akibat faktor sosial psikologis.

0 Response to "Pengertian Akomodasi dan Contohnya Lengkap"

Post a Comment