loading...

Pengertian Angkatan Kerja

Setelah mengertahui pengertian tenaga kerja dan macam-macam jenis tenaga kerja, maka sebaiknya kita juga mengetahui apa yang dimaksud dengan bukan angkatan kerja, atau pengertian angkatan kerja yang menganggur dan angkatan kerja yang bekerja.

Coba bandingkan dua contoh berikut ini.

a. Sitompul adalah anak yang berusia 19 tahun. Ia tidak lagi sekolah karena keterbatasan biaya. Kemudian Sitompul bekerja menjadi buruh pabrik untuk membantu orang tuanya.

b. Arif baru lulus sekolah SMA tahun kemarin. Ia ingin sekali bekerja namun sampai saat ini ia belum mendapatkan pekerjaan. Ia telah memasukkan lamaran pekerjaan di berbagai perusahaan tetapi belum ada satu pun yang memanggilnya.

Pengertian Angkatan Kerja
Foto: Contoh angkatan kerja

Berdasarkan contoh di atas, manakah yang termasuk angkatan kerja? Kedua contoh di atas termasuk angkatan kerja.

Pengertian Angkatan Kerja

Dengan demikian, angkatan kerja dapat didefinisikan sebagai penduduk yang berada dalam usia kerja yang bekerja ataupun belum bekerja namun siap untuk bekerja maupun sedang mencari pekerjaan.

Besarnya jumlah angkatan kerja dipengaruhi oleh jumlah penduduk, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan usia kerja.

Angkatan kerja terdiri atas orang yang bekerja dan menganggur. Penduduk yang bekerja adalah penduduk yang melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa untuk memperoleh penghasilan.

Adapun pengangguran adalah orang yang tidak bekerja dan sedang mencari pekerjaan. Pengangguran merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pemerintah.

Baca juga: Macam-macam Sistem Ekonomi

0 Response to "Pengertian Angkatan Kerja"

Post a Comment