loading...

Pengertian Devisa dan Bentuk-bentuknya

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian devisa, arti devisa, cadangan devisa, pengertian bank devisa, sumber devisa negara, definisi dan pengertian devisa negara, definisi devisa, sumber perolehan devisa, dan pengertian devisa umum.

Pernahkah kamu mendengar istilah pahlawan devisa? Julukan ini diberikan kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri dan berjuang dengan keringat mereka untuk menghasilkan devisa negara. Apakah yang dimaksud dengan devisa tersebut?

Pengertian Devisa

Dalam perdagangan internasional, devisa merupakan aset atau kewajiban finansial yang digunakan dalam transaksi internasional.

Perpindahan aset dan kewajiban finansial antara penduduk satu negara dengan penduduk negara-negara lain akan menimbulkan lalu lintas devisa.

Misalnya, seorang pengusaha yang mengekspor hasil produksinya berarti telah menghasilkan devisa bagi negara.
Pengertian Devisa dan Bentuk-bentuknya
Pahlawan Devisa

Bentuk-bentuk devisa

Devisa merupakan alat-alat pembayaran luar negeri. Devisa dapat berupa seperti berikut.

1) Valuta Asing

Jika kita melakukan kegiatan perdagangan dengan negara lain baik dalam bentuk ekspor maupun impor, kita tidak dapat memaksakan mata uang kita sebagai alat pembayaran. Kita harus menggunakan mata uang asing.

Mata uang asing yang dipakai sebagai alat pembayaran luar negeri yang dapat diterima dunia internasional disebut valuta asing. Jenis devisa ini diperoleh dari hasil ekspor (devisa umum) atau dari kredit luar negeri (devisa kredit).

Misalnya, seorang pengusaha di Jakarta mendatangkan mesin dari sebuah pabrik mesin di Jepang. Pengusaha Jepang minta dibayar dalam yen. Bagaimana jika pengusaha Jakarta hanya mempunyai rupiah?

Pada kenyataannya pihak asing minta dibayar dalam dolar Amerika Serikat (US$) atau valas yang mempunyai nilai relatif stabil seperti £ (pound sterling Inggris) atau ¥ (yen Jepang).

Oleh karena itu, pengusaha di Jakarta dapat menghubungi bank devisa untuk membeli valas sebanyak yang dibutuhkan dan dibayar dengan rupiah.

Harga yang harus dibayar melalui pembelian valas disebut kurs (rate of exchange). Kurs valas adalah harga valas, misalnya US$ = Rp10.000,00.

2) Surat-Surat Berharga

Contoh surat-surat berharga antara lain obligasi, commercial papers, maupun saham.

3) Surat-Surat Wesel Luar Negeri

Contoh surat wesel ini adalah wesel yang dikirim oleh tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk keluarganya di Indonesia.

Oleh karena besarnya devisa yang dikirim TKI masuk ke negara, mereka sering dijuluki sebagai pahlawan devisa.

0 Response to "Pengertian Devisa dan Bentuk-bentuknya"

Post a Comment