loading...

Pengertian Mestizo Culture Dan Contohnya

Sebagaimana Cultural Lag, mestizo culture juga merupakan salah satu peristiwa disintegrasi dari sebuah perubahan sosial di masyarakat. Proses disintegrasi sebagai akibat perubahan sosial dapat terjadi dalam peristiwa mestizo culture. Apa itu yang dimaksud dengan mestizo culture?

Pengertian Mestizo Culture

Mestizo culture (percampuran kebudayaan) merupakan suatu proses percampuran unsur kebudayaan yang satu dengan unsur kebudayaan lainnya yang mempunyai warna dan sifat yang berbeda.

Ciri dari perubahan sosial ini adalah sifatnya formal dan hanya dapat meniru bentuknya, tetapi tidak mengerti arti sesungguhnya.

Contoh mestizo culture

Pengertian Mestizo Culture Dan Contohnya
Mestizo Culture
Masyarakat desa yang mulai tersentuh modernisasi biasanya gemar memiliki benda-benda hasil teknologi modern, seperti mesin cuci, komputer, dan kulkas sebagaimana layaknya gaya hidup masyarakat kota yang sering mereka lihat dari tayangan televisi.

Benda-benda ini mereka beli hanya untuk menaikkan status sosial agar dianggap sebagai orang modern.

Lebih parah lagi jika ternyata mereka tidak mampu menggunakan barang-barang teknologi tersebut dan tidak mengetahui kegunaan dan manfaatnya.

Pengertian mestizo culture

Dari contoh di atas terlihat bahwa perubahan yang terjadi merupakan perubahan suatu hal baru yang dianggap dapat menaikkan status sosial sebagai lambang pola hidup modern, tanpa menggunakan kontrol.

Padahal norma yang dikandung masih tradisional, hanya bentuk luarnya yang modern. Inilah yang dimaksud dengan mestizo culture.

Mestizo culture ditandai dengan meningkatnya pola konsumsi masyarakat serta terjadinya demonstrasi efek (pamer kekayaan) yang semakin besar karena pengaruh iklan-iklan produk modern.

Kondisi psikologis orang yang terkait dalam gejala mestizo culture ini mudah mengalami keguncangan dan ketidakpuasan.

0 Response to "Pengertian Mestizo Culture Dan Contohnya"

Post a Comment