loading...

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Masyarakat yang mengalami perubahan menuju modernisasi akan ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan baru. Manusia memiliki kemampuan yang semakin meningkat dalam memahami rahasia-rahasia alam dan dapat menerapkan pengetahuan ini dalam berbagai kegiatannya.

Masyarakat yang modern sesungguhnya juga merupakan hasil hubungan antara majunya tingkat rasionalitas dalam mengkaji kebudayaan.

Beberapa Pendapat Mengenai Modernisasi

Untuk menghindari kesimpangsiuran pengertian dan kekeliruan dalam menafsirkan istilah modernisasi, beberapa ahli mencoba mendefinisikan pengertian modernisasi sebagai berikut.
Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli
Modernisasi

a. Astrid S. Susanto

Modernisasi adalah proses pembangunan kesempatan yang diberikan oleh perubahan demi kemajuan.

b. Widjojo Nitisastro

Modernisasi mencakup suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi, serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis.

c. Soerjono Soekanto

Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya merupakan perubahan sosial yang terarah (directed change) yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasa disebut dengan social planning.

d. Louis Irving Horowitz

Modernisasi yang nonideologis pada dasarnya merupakan suatu istilah teknologi, bukan istilah penilaian. Ia menyangkut penggantian tenaga kerja manusia oleh mesin-mesin. Modernisasi berkaitan dengan komunikasi informasi dalam tempo cepat, pemindahan orang dan barang dengan cepat, dan lain-lain.

e. Harold Rosenberg

Modernisasi mengacu pada urbanisasi atau sampai sejauh mana dan bagaimana pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat akan berlangsung.

0 Response to "Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli"

Post a Comment