loading...

Pengertian Perubahan Sosial Budaya menurut Para Ahli

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian perubahan sosial secara umum, pengertian perubahan sosial budaya, faktor pendorong perubahan sosial budaya, contoh perubahan sosial di masyarakat, definisi perubahan sosial menurut para ahli, proses perubahan sosial, teori-teori perubahan sosial, dan faktor penghambat perubahan sosial.

Masyarakat senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Kita pernah menjadi bangsa dengan kebudayaan prasejarah kemudian berkembang lebih maju setelah mengenal beragam pengaruh luar hingga akhirnya mampu membentuk bangsa yang merdeka dan mandiri. Perubahan tidak berhenti, hingga waktu yang tidak terbatas seiring meningkatnya kebutuhan manusia.

Perubahan Sosial Budaya pada Masyarakat

Perubahan sosial merupakan suatu fenomena sosial yang selalu ada dalam masyarakat. Oleh karena itu, banyak ahli sosial berusaha mengkaji dan mempelajari perubahan sosial secara lebih mendalam.

Usaha mereka pada akhirnya melahirkan pengertian perubahan sosial yang berbeda-beda sesuai dengan paradigma masing-masing.
Pengertian Perubahan Sosial Budaya menurut Para Ahli
Kegiatan kerja Bakti

Pengertian Perubahan Sosial

Beberapa Definisi Perubahan Sosial, Banyak ahli sosial yang berusaha mendefinisikan konsep perubahan sosial seperti tertulis di bawah ini.

  1. Selo Soemardjan, menurutnya perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

    Hal ini dikarenakan sifat perubahan sosial yang berantai dan saling berhubungan antara satu unsur dengan unsur kemasyarakatan yang lainnya.

  2. Wilbert Moore, Dia mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubahan penting dari struktur sosial. Adapun yang dimaksud dengan struktur sosial adalah pola perilaku dan interaksi sosial.

  3. Samuel Koening, Menurutnya, perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi pada kehidupan masyarakat.

  4. Roucek dan Warren, Roucek dan Warren mengungkapkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat.

  5. Bruce J. Cohen, Menurutnya perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dan perubahan pada organisasi sosial.

  6. Soedjono Dirdjosisworo, Beliau merumuskan definisi perubahan sosial sebagai perubahan fundamental yang terjadi dalam struktur sosial, sistem sosial, dan organisasi sosial.

  7. William F. Ogburn mengungkapkan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material atau imaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur imaterial. 

  8. Kingsley Davis mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. 

  9. Mac Iver mengatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.

  10. Gillin dan Gillin, menurutnya perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat yang termasuk perubahan sistem nilai dan norma sosial, sistem pelapisan sosial, struktur sosial, proses sosial, pola dan tindakan sosial warga masyarakat, serta lembaga-lembaga kemasyarakatan.

Contoh, adanya penemuan baru dalam bidang teknologi, mendorong terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat.

Ditemukannya peralatan-peralatan berteknologi menyebabkan perubahanperubahan dalam hal pendidikan, pemerintahan maupun pola dan tindakan sosial warga masyarakat.

0 Response to "Pengertian Perubahan Sosial Budaya menurut Para Ahli"

Post a Comment