loading...

Pergeseran Kurva Penawaran

Ada baiknya sebelum masuk jauh pada pembahasan kali ini tentang pergeseran kurva penawaran, anda membuka kembali materi tentang pengertian permintan dan penawaran, macam-macam bentuk permintaan dan penawaran, faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, bunyi hukum permintaan dan penawaran serta bentuk pergeseran pada kurva permintaan.

Berbeda dengan kurva permintaan yang berbentuk slope atau memiliki kemiringan negatif, pada kurva penawaran bentuknya slope positif atau bergerak dari bawah keatas.

Kurva Penawaran

Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Coba perhatikan Tabel di bawah ini, mengenai daftar penawaran jeruk Pak Heri. Kurva penawaran dapat dibuat berdasarkan tabel tersebut.
Pergeseran Kurva Penawaran

Berdasarkan tabel penawaran tersebut di atas, dapat dibuat kurva penawaran sebagai berikut.
Pergeseran Kurva Penawaran
Kurva penawaran

Perhatikan kurva di atas. Kurva bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Dengan demikian kurva penawaran mempunyai slope positif.

Artinya jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga barang. Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan.

Pergeseran Kurva Penawaran

Sama halnya pada pergeseran kurva permintaan, kurva penawaran juga dapat mengalami pergeseran karena adanya perubahan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran selain faktor harga.

Bergesernya kurva penawaran ditandai dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Kurva penawaran bergeser ke kiri, artinya jumlah penawarannya mengalami kenaikan.

Namun, ketika kurva penawaran barang bergeser ke kiri, berarti terjadi penurunan penawaran barang. Misalnya diperkirakan harga jeruk bulan depan akan naik karena harga pupuk naik. Kenaikan harga jeruk menyebabkan penurunan penawaran jeruk.

Sehingga ketika diperkirakan harga di masa depan naik, maka penjual akan mengurangi jumlah barang yang dijualnya. Tabel berikut ini yang akan menunjukkan jumlah jeruk yang ditawarkan Pak Heri sebelum dan sesudah kenaikan harga.
Pergeseran Kurva Penawaran

Berdasarkan tabel penawaran di atas dapat dibuat kurva penawaran sebagai berikut.
Pergeseran Kurva Penawaran
Pergeseran Kurva Penawaran

Keterangan :
S = Jumlah penawaran sebelum kenaikan harga
S1 = Jumlah penawaran setelah kenaikan harga

Perhatikan kurva penawaran di atas. Kurva penawaran S bergeser ke kiri menjadi S1. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penawaran akan jeruk mengalami penurunan. Penurunan kurva penawaran jeruk tersebut sebagai akibat dari meningkatnya harga pupuk.

Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dari salah satu atau lebih faktor-faktor yang dulu dianggap tetap, akan mengubah jumlah penawaran sekaligus menggeser kurva penawaran.

0 Response to "Pergeseran Kurva Penawaran"

Post a Comment