loading...

Posisi Benua dan Samudra di Muka Bumi

Ambillah peta dunia dan globe. Coba amati dengan saksama posisi dan letak geografis benua dan samudra. Apa yang kamu lihat? Posisi geografis berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak geografis diketahui berdasarkan letak wilayah terhadap wilayah di sekitarnya.

Posisi Benua

Kita sering rancu dengan pengertian benua dan wilayah benua. Benua adalah satu kesatuan hamparan daratan yang sangat luas. Wilayah benua mencakup pulau-pulau yang ada di kawasan itu. Menurut pengertian di atas, Kepulauan Indonesia bukanlah termasuk Benua Asia melainkan wilayah Asia.

Berdasarkan peta di atas, coba kamu lihat titik terluar bagian utara Benua Asia. Titik terluar bagian ini tepat dilalui garis 77°45' LU–1°15' LU. Sekarang coba lihat titik terluar Benua Asia bagian barat. Titik terluar bagian barat Benua Asia adalah Tanjung Baba (Turki).

Tempat ini tepat dilalui garis 26°04' Bujur Timur (BT). Titik terluar bagian timur Benua Asia adalah Tanjung Dezhneva. Tempat ini dilalui garis 169°40' Bujur Barat (BB). Jadi, Asia membentang dari barat ke timur sepanjang garis 26°04' BT–169°40' BB.

Bumi terdiri atas tujuh benua, yaitu Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, Eropa, dan Antartika. Di antara ketujuh benua itu hanya Antartika yang tidak dihuni manusia.
Posisi Benua dan Samudra di Muka Bumi
Posisi Benua dan Samudra

Posisi Samudra

Di Bumi yang kita huni ini terdapat empat samudra, yaitu Samudra Atlantik, Samudra Arktik, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Setiap samudra saling berhubungan satu dengan lainnya. Dua samudra dapat terhubung langsung atau dibatasi oleh selat atau laut.

Posisi benua ditentukan dengan berpedoman pada dua garis lintang dan dua garis bujur sebagai batasnya. Sedang posisi samudra ditentukan dengan satu titik koordinat geografis yang terdapat di tengah-tengah samudra.

Sebagai contoh, posisi Samudra Hindia berada pada titik 20° LS dan 80° BT. Posisi ini jika kamu amati pada peta dunia atau globe kira-kira tepat berada di tengah-tengah wilayah Samudra Hindia.

Setelah menentukan posisi samudra, kamu tentu dapat mengetahui letak atau lokasi samudra. Sebagai contoh Samudra Hindia terletak antara Benua Afrika, Benua Asia, Benua Australia, dan Samudra Selatan. Panjang garis pantai Samudra Hindia diperkirakan 66.526 km.

0 Response to "Posisi Benua dan Samudra di Muka Bumi"

Post a Comment