loading...

Sebab-sebab Kenakalan Remaja beserta Penjelasannya

Kenakalan remaja merupakan salah bentuk disintegrasi sosial, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian kenakalan remaja, contoh kenakalan remaja dan sebab-sebab kenakalan remaja.

Menurut Fuad Hassan, kenakalan remaja adalah sebuah perbuatan antisosial yang dilakukan oleh seorang remaja yang apabila dilakukan oleh orang dewasa dapat dikategorikan sebagai tindak kejahatan (crime).

Sebab-sebab kenakalan remaja

Secara umum, kenakalan remaja disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

Pertama, disfungsi keluarga. 

Disfungsi keluarga dapat diartikan sebagai sebuah kondisi ketika hubungan antaranggota keluarga kurang harmonis atau mengalami keretakan sehingga remaja kurang mendapat cukup kasih sayang dari keluarga.

Dengan demikian, fungsi keluarga sebagai tempat mencurahkan kasih sayang antaranggota keluarga menjadi kabur.

Kedua, kurangnya pendidikan agama. 

Pendidikan agama sangat penting bagi penanaman kaidah moral dalam diri seorang anak. Jika pendidikan agama tidak diperoleh seorang anak, perkembangannya ke arah kedewasaan menjadi tidak seimbang.

Akibatnya, setelah beranjak dewasa, seorang anak akan mengalami kekeringan spiritual dan moral. Ia cenderung tidak dapat membedakan tindakan benar atau salah dan baik atau buruk.

Ketiga, seringnya melihat peristiwa kekerasan.

Sebab-sebab Kenakalan Remaja beserta Penjelasannya
Kekerasan
Tayangan televisi bisa jadi merupakan pengantar paling efektif bagi peristiwa-peristiwa kekerasan.

Stasiunstasiun televisi banyak menyuguhkan adegan-adegan kekerasan yang sebenarnya berakibat buruk pada perkembangan pribadi remaja.

Jika hal ini tidak segera diantisipasi, seorang remaja akan mendapatkan pengaruh negatif dari tayangan kekerasan di layar televisi.

Keempat, lingkungan pergaulan yang tidak kondusif. 

Lingkungan pergaulan membawa pengaruh besar terhadap sifat, perilaku dan kepribadian seorang remaja. Apabila lingkungan pergaulan seorang remaja bersifat positif, remaja tersebut akan berkepribadian positif pula.

Sebaliknya jika lingkungan pergaulan remaja bersifat negatif, perilakunya pun akan cenderung negatif.

Sebagai contoh, seseorang dalam geng yang sering melakukan tindakan yang menyimpang, cenderung akan mengikuti tindakan sama dengan anggota gengnya yang lain.

Kenakalan remaja merupakan bentuk tindakan remaja yang meresahkan masyarakat dan remaja itu sendiri.

Energi dan potensi yang seharusnya dapat disalurkan untuk kegiatankegiatan positif demi meraih prestasi dalam bidang tertentu, menjadi sia-sia.

Lebih jauh lagi, kenakalan remaja yang juga meresahkan anggota keluarga yang lain dapat mengarah pada terjadinya gejala disintegrasi dalam lingkungan keluarga. Hubungan antaranggota keluarga menjadi tidak harmonis akibat adanya kenakalan remaja.

0 Response to "Sebab-sebab Kenakalan Remaja beserta Penjelasannya"

Post a Comment