loading...

Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam Dan Luar Beserta Fungsinya

Pemahasan kali ini adalah tentang organ reproduksi wanita, gambar alat reproduksi wanita, gambar reproduksi wanita, alat reproduksi pada wanita bagian dalam dan luar, fungsi alat reproduksi wanita.
Organ yang menyusun sistem reproduksi pada wanita terdiri atas:

a. Ovarium (indung telur)

Jumlahnya 1 pasang, terletak di dalam rongga perut, berfungsi untuk pembentukan sel telur dan menghasilkan hormon estrogen dan progesteron.

Pembentukan sel telur terjadi melalui pembentukan folikel. Hormon estrogen berfungsi untuk menimbulkan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, di antaranya: payudara membesar, suara semakin tinggi, kulit semakin halus, panggul membesar dan lain-lain.

b. Saluran reproduksi, terdiri atas:

1) 1 pasang corong infundibulum, berfungsi untuk menangkap sel telur dari ovarium.

2) 1 pasang tuba falopii atau oviduk, merupakan saluran telur, berfungsi sebagai tempat terjadinya fertilisasi (pembuahan).

3) Uterus (rahim), berfungsi sebagai tempat perkem bangan dan pertumbuhan janin.

4) Vagina, organ untuk kopulasi dan melahirkan.

5) Alat kelamin luar, umumnya dinamakan vulva, terdiri atas labia mayora, labia minora dan klitoris.
Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam Dan Luar Beserta Fungsinya
Gambar Organ Reproduksi Wanita

Jika sel telur pada ovarium telah masak, akan dilepaskan dari ovarium. Pelepasan telur dari ovarium disebut ovulasi. Setelah ovulasi sel telur ditangkap oleh infundibulum dan segera menuju ke saluran fallopi, di saluran inilah terjadi pembuahan.

Bila sel telur telah dibuahi menjadi zigot dan zigot berkembang menjadi embrio yang kemudian menempel pada dinding rahim melalui plasenta dan berkembang di dalam rahim.

Plasenta dan tali pusat merupakan penghubung antara embrio dengan ibu, fungsinya untuk menyalurkan makanan dan oksigen dari ibu ke embrio dan menyalurkan zat sisa dari embrio ke darah ibu.

Di dalam rahim, embrio berada di dalam amnion. Amnion adalah kantong yang berfungsi untuk melindungi embrio dari benturan. Amnion berisi cairan yang disebut cairan amnion atau air ketuban.

Bila bayi sudah berumur kira-kira 9 bulan dan siap dilahirkan maka otot-otot pada rahim berkontraksi secara teratur dan mendorong bayi keluar dari rahim melalui vagina.

1 Response to "Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam Dan Luar Beserta Fungsinya"

  1. Artikelnya sangat bagus gan,,,terimakasih atas artikelnya sangat membantu,,di tunggu artikel lainya..

    Vimax Izon Asli

    ReplyDelete