loading...

Badan Kerjasama Ekonomi Multilateral Internasional

Kerjasama indonesia dengan negara lain Sangat berangam bentuknya, baik yang bilateral, regional, multilateral maupun internasional, sekaligus mencakup di segala bidang; baik ekonomi, sosial dan budaya.

Badan Kerja Sama Ekonomi Multilateral

Kerja sama ekonomi multilateral adalah kerja sama yang melibatkanmbanyak negara di dunia. Artinya, setiap negara bebas yang ingin bergabung, bebas menjadi anggota badan ini.

1) The World Bank atau Bank Dunia

World Bank atau Bank Dunia hingga saat ini merupakan lembaga keuangan internasional terbesar yang membantu negaranegara berkembang.

Pada awalnya Bank Dunia bertujuan membantu usaha-usaha rekonstruksi dan pembangunan di negaranegara anggota melalui investasi yang produktif, termasuk restorasi perekonomian yang hancur akibat perang.

Pada perkembangan selanjutnya, kegiatan Bank Dunia menjadi semakin luas. Bank Dunia mempunyai beberapa lembaga keuangan internasional. Yang pertama adalah IBRD.

Lembaga ini singkatan dari International Bank for Reconstruction and Development atau Bank Dunia untuk Pembangunan dan Perkembangan.
Badan Kerjasama Ekonomi Multilateral Internasional
World Bank

2) ECOSOC

Economic and Social Council (ECOSOC) merupakan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB. ECOSOC adalah badan PBB yang khusus memperhatikan masalah ekonomi. Tugas ECOSOC adalah mengkoordinasi pekerjaan-pekerjaan ekonomi dan sosial PBB.

Dewan ini mempelopori penelitian, laporan-laporan, dan rekomendasi (anjuran) mengenai persoalan-persoalan ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, serta kebudayaan dunia.

3) WTO

WTO singkatan dari World Trade Organization atau Organisasi Perdagangan Dunia. Organisasi ini didirikan di Geneva, Swiss pada tanggal 1 Januari 1995 dari negosiasi Putaran Uruguay (1986–1994).

Tugas WTO antara lain menyelesaikan sengketa dagang antaranggota. Oleh karena itu, WTO menyusun peraturan dalam Understanding on Rules and Procedures Governing the Settlement of Disputes (DSU).

DSU ini merupakan lanjutan dari sistem yang dibentuk dalam General Agreement on Tariffs and Trade (GATT). Bedanya DSU sudah dilengkapi semacam pengadilan banding jika satu negara anggota tidak setuju dengan sanksi yang ditimpakan oleh keputusan WTO.

4) IMF

IMF singkatan dari International Monetary Fund atau Dana Moneter Internasional. IMF didirikan pada tanggal 27 September 1945 sesudah konferensi di Bretton Wood, Amerika Serikat.

IMF bertujuan memajukan kerja sama internasional di bidang ekonomi, keuangan, dan perdagangan sehingga mampu memperluas kesempatan kerja serta mencapai kemakmuran.

5) ADB

ADB singkatan dari Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia, berdiri pada tahun 1966. ADB merupakan sebuah organisasi multilateral keuangan pembangunan.

Pada tahun 1966 ketika ADB berdiri, organisasi ini mempunyai 31 anggota. Setelah beberapa tahun kemudian menjadi 59 anggota yang terdiri atas negara-negara di Asia Pasifik maupun di luar negara Asia Pasifik.

Kegiatan ADB meliputi sebagai berikut.

a) Memberikan pinjaman dan investasi yang wajar bagi anggota negara-negara yang sedang berkembang untuk pembangunan sosial serta ekonomi.

b) Menyediakan bantuan teknik untuk perencanaan dan pelaksanaan proyek pembangunan.

c) Memajukan dan memfasilitasi investasi publik serta modal pribadi untuk pembangunan.

d) Melayani permintaan bantuan koordinasi dalam pembangunan politik dan perencanaan di negara berkembang.

0 Response to "Badan Kerjasama Ekonomi Multilateral Internasional"

Post a Comment