Cara Prinsip Kerja Dinamo dan Radiator Terlengkap

Pembahasan kali ini adalah tentang prinsip kerja dinamo, cara kerja generator, prinsip kerja generator, prinsip kerja dinamo sepeda, prinsip kerja generator dc, prinsip kerja generator ac, cara kerja dinamo listrik, cara kerja generator ac, cara kerja mesin genset, cara kerja generator listrik, cara kerja dinamo, prinsip kerja generator listrik, cara kerja motor listrik, prinsip kerja motor listrik, cara keja dinamo sepeda, cara kerja generator pembangkit listrik, dan prinsip kerja generator arus searah, serta cara menghidupkan generator listrik.

Kalian sudah mengetahui bahwa terjadinya arus induksi dan GGL induksi antara lain dengan cara kutub magnet digerakkan di dekat kumparan atau kumparan digerakkan di dekat kutub magnet.

Karena kita menggerakkan kutub magnet berarti terdapat energi gerak atau energi kinetik. Jadi, dalam proses terjadinya arus induksi terdapat perubahan energi gerak menjadi energi listrik.

Akibat gerakan magnet di dalam suatu kumparan menimbulkan arus induksi yang secara langsung adanya energi lisrik yang ditimbulkan.

Beberapa contoh peralatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penerapan GGL induksi di antaranya adalah generator dan dinamo.

1. Cara Prinsip Kerja Dinamo

Bagian utama dinamo, lihat Gambar di bawah ini, adalah

a. Sebuah kumparan (C)

b. Sebuah cincin geser (A)

c. Sikat (B)

d. Magnet

Sedangkan langkah-langkah kerja dinamo adalah sebagai berikut:

a. Sebuah kumparan berputar dalam medan magnet.

b. Tiap-tiap ujung kawat kumparan dihubungkan dengan sebuah “cincin geser”.

c. Cincin geser tersebut menempel sebuah sikat.

d. Bila kumparan diputar maka dalam kumparan itu timbul GGL AC. GGL AC ini menimbulkan arus AC di dalam rangkaian dinamo.

Gambar: Dinamo arus searah

2. Cara Prinsip Kerja Dinamo Arus Searah

Dinamo arus bolak-balik dapat diubah menjadi dinamo arus searah dengan menggunakan cincin belah atau komutator seperti pada motor listrik, lihat gambar di atas!

Dinamo arus searah pada prinsipnya sama dengan motor arus searah. Jadi dinamo arus searah dapat dipakai sebagai motor arus searah. Demikian pula sebaliknya.

3. Cara Prinsip Kerja Generator

Bagian utama generator, lihat Gambar di bawah ini, adalah:

a. Magnet

Untuk generator pembangkit tenaga listrik yang besar biasanya menggunakan lebih dari satu magnet yang berputar. Magnet yang digunakan biasanya magnet listrik.

b. Rotor

Rotor adalah bagian generator yang berputar.

c. Stator

Stator adalah bagian generator yang tidak berputar.

Arus yang ditimbulkan oleh generator juga arus bolak-balik. Seperti yang kalian ketahui bersama bahwa arus yang digunakan di rumah-rumah atau di pabrik-pabrik bersifat arus bolak-balik, bukan?

Komentar ditutup.