loading...

Hambatan-Hambatan Kerjasama Ekonomi Antar Negara

Kerja sama ekonomi internasional kadang terbentur pada hambatan-hambatan sebagai berikut.

a. Ancaman Ketidakstabilan Politik dan Keamanan

Ancaman ketidakstabilan politik dan keamanan antara lain adanya peperangan atau konflik antarnegara. Hal ini bisa mengganggu hubungan antara kedua negara yang semula memiliki hubungan baik.

Misalnya negara A terlibat konflik dengan negara B. Kebetulan negara A memiliki kekuatan ekonomi dan militer yang kuat. Negara A memberlakukan sanksi ekonomi pada negara B.

Negara A melarang negara-negara lain untuk melakukan perdagangan dengan negara B. Akibatnya, negara B tidak bisa bekerja sama dengan negara lain.
Hambatan-Hambatan Kerjasama Ekonomi Antar Negara
Kerjasama Ekonomi

b. Perbedaan Ideologi Negara

Perbedaan ideologi negara dapat menghambat kerja sama ekonomi, misalnya sebelum menganut perekonomian terbuka, Cina adalah negara yang menutup diri terhadap kerja sama dengan bangsa lain.

Dengan demikian, negara-negara lain tidak dapat menjalin kerja sama dengan Cina. Namun, saat ini hampir tidak ada negara yang menutup diri terhadap kerja sama dengan negara lain.

c. Praktik-Praktik Perdagangan yang Cenderung Merugikan Negara Lain

Praktik perdagangan yang cenderung merugikan negara lain misalnya dumping, yaitu menjual barang untuk ekspor dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga di dalam negeri. Praktik ini dapat memperburuk hubungan antarnegara dan menghambat kerja sama ekonomi.

0 Response to "Hambatan-Hambatan Kerjasama Ekonomi Antar Negara"

Post a Comment