loading...

Kelangsungan Hidup Organisme (Power Point)

Bila kalian ingin mencari cacing tanah, di mana kalian akan mencarinya? Tentu saja kalian akan mencari di tempat yang lembab, misalnya di tepi sungai.

Setiap organisme mempunyai lingkungan hidup yang berbeda-beda. Lingkungan hidup yang sesuai, sehingga organisme dapat hidup dan berkembangbiak disebut habitat.

Jadi habitat cacing tanah adalah di dalam tanah yang lembap. Coba kalian cari contoh-contoh habitat organisme yang lain.

Lingkungan hidup dapat mengalami perubahan, perubahan tersebut disebabkan karena peristiwa alam, misalnya gempa bumi, kekeringan, banjir atau karena perbuatan manusia misalnya penebangan hutan untuk persawahan dan perumahan, pencemaran udara, air atau tanah dan lain-lain.

Perubahan lingkungan menyebabkan perubahan pula pada organisme yang hidup di dalamnya. Organisme harus dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut, sebab bila tidak ia akan mengalami kesulitan atau bahkan mengakibatkan kematian.

Untuk dapat mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.
Kelangsungan Hidup Organisme (Power Point)
Skema Kelangsungan Hidup Organisme

3 Faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup organisme

Kelangsungan hidup organisme didukung atau dipengaruhi oleh 3 peristiwa yaitu adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan. 

  • Adaptasi merupakan penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan.

  • Seleksi alam merupakan kemampuan alam untuk menyeleksi organisme yang ada di dalamnya.

Dengan beradaptasi makhluk hidup yang mampu bertahan akan berlangsung hidupnya, sedangkan yang tidak mampu bertahan akan punah, dalam peristiwa inilah alam akan berperan sebagai penyeleksi.

  • Sedangkan perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya sehingga kelangsungan hidupnya akan tetap berlangsung.

0 Response to "Kelangsungan Hidup Organisme (Power Point)"

Post a Comment