loading...

Pengertian Bioteknologi dan Pemanfaatan Bioteknologi untuk Kehidupan Manusia

Pada pembahasan kali ini kita akan memfokuskan pembahasan tentang Bioteknologi; yaitu manfaat bioteknologi konvensional, manfaat bioteknologi modern, manfaat dan keuntungan bioteknologi, bioteknologi pertanian, produk bioteknologi konvensional, bioteknologi pangan, manfaat penerapan bioteknologi dalam produksi, bioteknologi industri, bioteknologi peternakan, bioteknologi kesehatan, pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi, dan bioteknologi lingkungan.

Kalian tentu mengenal makanan seperti rempeyek kedelai, tahu, kecap, tauge, dan susu kedelai. Dari bahan dasar apa makanan tersebut dibuat? Samakah proses pembuatannya? Adakah bahan lain yang diperlukan untuk membuat produk makanan tersebut?

Kacang kedelai adalah bahan dasar untuk pembuatan produk-produk makanan di atas. Dengan cara pengolahan yang berbeda, butiran-butiran kacang kedelai diubah menjadi produk dengan nama atau sebutan bermacam-macam.

Untuk mengubah suatu bahan makanan menjadi produk makanan yang lain tentu harus memiliki pengetahuan cara pengolahan makanan. Biologi yang terus berkembang turut memberi sumbangan dalam meningkatkan kesejahteraan manusia terutama dalam pemenuhan kebutuhan makanan.

Bioteknologi merupakan salah satu contoh bentuk nyata sumbangan dari biologi. Contoh di atas adalah salah satu penerapan bioteknologi dalam industri makanan atau minuman.

Pada bahasan ini kalian akan diajak untuk dapat mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi adalah penggunaan makhluk hidup dan proses di dalamnya untuk menghasilkan produk tertentu. Bioteknologi memanfaatkan bakteri, ragi, kapang, alga, sel tumbuhan, atau jaringan hewan.

Penerapan bioteknologi memadukan berbagai disiplin ilmu, seperti mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi molekuler, kimia, rekayasa proses, dan teknik kimia.

Saat ini telah dikembangkan berbagai penerapan bioteknologi, contohnya teknik rekombinasi gen, kultur jaringan, hidroponik, radiasi, dan inseminasi buatan.
Pengertian Bioteknologi dan Pemanfaatan Bioteknologi untuk Kehidupan Manusia
Contoh Produk Bioteknologi Konvensional

Penerapan Bioteknologi Sederhana (Konvensional)

Produk bioteknologi sudah dikenal baik oleh masyarakat seperti tape, tempe, brem bali, bir, anggur, cuka, keju, yoghurt, dan roti. Proses ini sudah dikenal orang sejak lama.

Seiring dengan perkembangan teknologi pendukungnya, proses pengolahannya sudah dikembangkan lebih modern di pabrik-pabrik dalam produksi yang besar. Namun secara sederhana kita masih bisa menerapkan proses tersebut.

0 Response to "Pengertian Bioteknologi dan Pemanfaatan Bioteknologi untuk Kehidupan Manusia"

Post a Comment