loading...

Pengertian dan Cara Prinsip Kerja Transformator (Trafo) Terlengkap

Pokok pembahasan kali ini adalah tentang cara prinsip kerja tronsformator step up dan step down, prinsip kerja trafo step up dan step down, cara mengguling trnsformator step up.

Prinsip kerja trafo arus dan tegangan, cara menghitung lilitan trafo, cara melilit trafo step up, rumus transformator, efisiensi transformator, dan trafo listrik serta pengertian transformator.

Pengertian Transformator (Trafo)

Transformator adalah sebuah alat untuk menaikkan atau menurunkan tegangan arus bolakbalik. Transformator sering disebut trafo. Sebuah transformator terdiri atas sebuah inti besi. 
Pada inti besi digulung dua lilitan, yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder, lihat Gambar di bawah ini!

Pengertian dan Cara Prinsip Kerja Transformator (Trafo) Terlengkap
Gambar: Transformator

Prinsip kerja transformator

Prinsip kerja tranformator adalah sebagai berikut.

1. Kumparan primer dihubungkan kepada sumber tegangan yang hendak diubah besarnya. Karena tegangan primer itu tegangan bolak-balik, maka besar dan arah tegangan itu berubah-ubah.

2. Dalam inti besi timbul medan magnet yang besar dan arahnya berubah-ubah pula. Perubahan medan magnet ini menginduksi tegangan bolak-balik pada kumparan sekunder.

Dari sebuah percobaan dapat ditunjukkan, bahwa:

1. Perbandingan antara tegangan primer, Vp, dengan tegangan sekunder, Vs sama dengan perbandingan antara jumlah lilitan primer, Np, dan lilitan sekunder, Ns.

2. Perbandingan antara kuat arus primer, Ip, dengan kuat arus sekunder, Is, sama dengan perbandingan jumlah lilitan sekunder dengan lilitan primer.

Rumus transformator

Dari kedua pernyataan tersebut dapat dituliskan secara singkat dengan persamaan sebagai berikut:

Pengertian dan Cara Prinsip Kerja Transformator (Trafo) Terlengkap

Ada dua hal perlu dipahami untuk transformator ini, yaitu:

1. Transformator hanya digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan arus bolak-balik (AC) dan tidak untuk arus searah (DC).

2. Transformator tidak dapat memperbesar daya listrik yaitu tidak dapat memperbesar banyaknya daya yang masuk ke dalam transformator tersebut.

Efisiensi Tranformator

Kalian sudah mengetahui persamaan-persamaan yang berlaku pada transformator. Persamaan di atas dan didasarkan atas efisiensi transformator dianggap seratus persen. Tetapi kenyataan sehari-hari efisiensi transformator selalu kurang dari seratus persen.

Mengapa demikian? Selama penggunaan transformator, besarnya daya yang dikeluarkan oleh kumparan sekunder selalu lebih kecil daripada daya yang diterima oleh kumparan primer.

Hal ini disebabkan selama transformator digunakan ada sebagian energi listrik yang berubah menjadi kalor. Dengan kata lain energi listrik yang keluar dari transformator selalu lebih kecil daripada energi yang masuk ke dalam transformator.

Agar diperoleh efisiensi mendekati 100% pada penggunaan transformator, biasanya dilakukan caracara sebagai berikut:

1. Diberi bahan pendingin.

2. Untuk mengurangi panas, membuat inti besi untuk transformator berbentuk pelat atau lempengan.

3. Mengalirkan udara dingin, misal dengan air conditioning atau kipas angin.

Selama 1 sekon, kumparan primer tranformator menerima energi dari sumber yang akan diubah sebesar Wp = Vp Ip t joule. Selama t sekon transformator tersebut juga melepas energi melalui kumparan sekunder sebesar Ws = Vs Is t joule.
Efisiensi tranformator adalah persentase harga perbandingan antara besar energi yang dilepas transformator tiap sekon pada kumparan sekunder dengan energi yang diterima transformator setiap sekon pada kumparan primer. 
Energi tiap sekon disebut daya. Oleh karena itu, efisiensi dapat dinyatakan dalam perbandingan daya sekunder, Ps dan daya primer, Pp, kali 100 % dan dapat ditulis

Pengertian dan Cara Prinsip Kerja Transformator (Trafo) Terlengkap

Demikian pembahasan tentang pengertian transformator, cara kerja transformator dan rumus transformator serta efisiensi transformator.

0 Response to "Pengertian dan Cara Prinsip Kerja Transformator (Trafo) Terlengkap"

Post a Comment