Pengertian Ekskresi, Sekresi dan Defekasi

Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang persamaan dan perbedaan antara ekskresi, sekresi dan defekasi, sistem ekskresi pada manusia dan hewan, alat ekskresi pada manusia dan hewan, kelainan dan gangguan pada sistem ekskresi manusia, proses pembentukan urine pada manusia.

Perbedaan Ekskresi, Sekresi dan Defekasi

Ekskresi merupakan salah satu proses pengeluaran zat dari tubuh. Selain ekskresi ada juga proses sekresi dan defekasi. Apa perbedaan antara ketiganya?

Ekskresi adalah proses pengeluaran sisa metabolisme. Zat tersebut diserap dan diangkut oleh darah dan dikeluarkan bersama urine, keringat dan pernapasan.

Pengertian Ekskresi, Sekresi dan Defekasi
Aalat-alat Sistem Ekskresi pada Manusia

Defekasi adalah proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan atau zat yang tidak mengalami pencernaan. Zat tersebut berupa feses yang dikeluarkan melalui anus.

Sekresi merupakan proses pengeluaran zat oleh kelenjar yang masih digunakan oleh tubuh. Zat yang dihasilkan berupa enzim dan hormon.

Sistem ekskresi pada manusia melibatkan alat-alat ekskresi yaitu ginjal, kulit, paru-paru, dan hati. Zat-zat sisa yang dikeluarkan dari alat-alat tersebut berasal dari proses metabolisme.

Ginjal mengeluarkan urine, kulit mengeluarkan keringat, paru-paru mengeluarkan karbondioksida, dan hati mengeluarkan zat warna empedu.


Selain berfungsi sebagai alat pernapasan, paru-paru juga berfungsi sebagai alat ekskresi. Zat sisa yang dikeluarkan oleh paru-paru adalah karbondioksida dan uap air.

Komentar ditutup.