loading...

Pengertian Gaya Gravitasi Bumi dan Rumusnya

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang gaya gravitasi, pengertian gaya gravitasi bumi, rumus gravitasi, hukum gravitasi newton, satuan gravitasi, gravitasi bulan, gaya tarik bumi, alat untuk mengukur gaya gravitasi, bunyi hukum gravitasi newton, gaya gravitasi newton, gaya gravitasi bulan, gaya gravitasi matahari, pengaruh gaya gravitasi bumi.

Pengertian gaya gravitasi bumi

Sebuah benda apapun jika dilempar ke atas akan jatuh kembali ke bumi. Hal ini disebabkan oleh gaya gravitasi. Seorang ahli fisika Sir Isaac Newton menyelidikinya dan menyimpulkan bahwa besarnya gaya gravitasi berbanding lurus dengan hasil kali kedua massa benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara pusat massa dua benda tersebut. Gaya gravitasi (F) dinyatakan dengan persamaan:
Pengertian Gaya Gravitasi Bumi dan Rumusnya
Rumus Gaya Gravitasai

Dengan m1 dan m2 adalah massa masing-masing benda dinyatakan dalam satuan kg dan r adalah jarak antara pusat massa dua benda dinyatakan dalam satuan meter, dan G adalah konstanta gravitasi dinyatakan dalam satuan Nm2/(kg)2. Tunjukkan bahwa Fg dinyatakan dalam satuan newton!

Dari persamaan di atas dapat dianalisis bahwa gaya tarik bumi lebih besar daripada gaya tarik benda. Benda jatuh di samping adanya gaya tarik menarik dengan bumi tetapi juga dikarenakan gaya berat benda itu sendiri yang besarnya sama. Oleh karena itu, persamaan gravitasi dapat ditulis kembali dengan persamaan:
Pengertian Gaya Gravitasi Bumi dan Rumusnya

Dengan m1 adalah massa buah apel dan m2 adalah massa bumi (Mo), maka persamaan di atas dapat ditulis:
Pengertian Gaya Gravitasi Bumi dan Rumusnya

Persamaan tersebut di atas menunjukkan bahwa suatu benda yang jatuh di permukaan bumi tidak tergantung pada massa benda tetapi tergantung pada massa bumi atau massa planet di mana benda dijatuhkan.

0 Response to "Pengertian Gaya Gravitasi Bumi dan Rumusnya"

Post a Comment