loading...

Pengertian Hubungan Internasional manurut Para Ahli

Hubungan internasional merupakan hubungan antarbangsa atau interaksi manusia antarbangsa baik secara individu maupun kelompok, dilakukan baik secara langsung maupun secara tidak langsung dan dapat berupa persahabatan, persengketaan, permusuhan ataupun peperangan.

Selain itu, hubungan internasional juga merupakan hubungan yang dilakukan oleh bangasa-bangsa atau negara-negara, atau merupakan sebuah atau suatu hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi yang melewati dan melampaui suatu batas-batas kenegaraan.

Pengertian Hubungan Internasional manurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi atau pengertian hubungan internasional menurut para ahli, diantaranya :

1. Hubungan Internasional menurut J.C. Johari 

Hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlansung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang prilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas Negara.

2. Hubungan International menurut Couloumbis dan Wolfe 

Hubungan internasional adalah studi yang sistematis mengenai fenomena-fenomena yang bisa diamati dan mencoba menemukan variabel-variabel dasar untuk menjelaskan prilaku serta mengungkapkan karakteristik-Karakteristik atau tipe-tipe hubungan antar unit-unit social.
Pengertian Hubungan Internasional manurut Para Ahli
Hubungan Internasional

3. Hubungan Internasional menurut Mochtar Mas’oed (1990) 

Hubungan internasional merupakan hubungan yang sangat kompleksitas karena didalamnya terdapat atau terlibat bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit dari pada hubungan antar kelompok.

4. Hubungan Internasional menurut Tulus Warsito

Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi dari politik luar negeri dari beberapa negara.

5. Hubungan internasional menurut Kenneth W. Thompson

Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas antar bangsa beserta kondisi-kondisi dan institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk rivalitas tersebut.

6. Hubungan internasional menurut Teuku May Rudi

Hubungan internasional adalah mencakup berbagai macam hubungan atau interaksi yang melintasi batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

7. Hubungan internasional menurut Ishaq Rahman

Hubungan internasional adalah ilmu yang diidentikkan dengan hubungan antar bangsa.

8. Hubungan internasional menurut Suwardi Wiranata

Hubungan internasional adalah hubungan yang mencakup segala hubungan antar bangsa dan kelompok bangsa dalam masyarakat dunia, dan kekuatan-kekuatan, tekanan-tekanan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak dan cara berfikir manusia.


0 Response to "Pengertian Hubungan Internasional manurut Para Ahli"

Post a Comment