loading...

Pengertian Kerjasama Ekonomi Antar Negara Terlengkap

Sejak dahulu kala bangsa Indonesia telah menjalin kerja sama ekonomi dengan bangsa lain, yaitu melalui kegiatan perdagangan antarnegara. Saat ini kerja sama ekonomi telah meluas, tidak hanya terbatas pada perdagangan dan telah menjadi keharusan bagi setiap negara agar diakui dalam pergaulan dunia.

Kecanggihan teknologi transportasi dan informasi telah mempermudah hubungan kerja sama tersebut sehingga muncul berbagai bentuk kerja sama ekonomi, baik di tingkat bilateral, regional, maupun multilateral.

Pengertian Kerja Sama Ekonomi Antarnegara

Kerja sama ekonomi antarnegara merupakan kerja sama yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dengan melibatkan negara lain. Kerja sama ekonomi antarnegara dapat berlangsung pada beberapa bidang, yaitu bidang perdagangan, teknis, dan keuangan.
Pengertian Kerjasama Ekonomi Antar Negara Terlengkap
Kerjasama
Kerja sama di bidang perdagangan meliputi ekspor dan impor. Kerja sama di bidang teknis misalnya, pengiriman tenaga ahli dari Amerika ke Indonesia. Kerja sama bidang keuangan misalnya dalam bentuk pinjaman asing.
Kerjasama ekonomi antar negara merupakan kerjasama di bidang ekonomi antara dua atau lebih negara yang saling menguntungkan.
Sebagian orang menganggap bahwa perdagangan internasional identik dengan kerjasama ekonomi internasional. Hal ini sebetulnya keliru, pengertian kerjasama ekonomi internasional jauh lebih luas dari sekedar perdagangan internasional.
Kerjasama Ekonomi Antar Negara adalah suatu kerjasama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu Negara dengan Negara lain yang biasanya melibatkan 2 negara atau lebih.

1 Response to "Pengertian Kerjasama Ekonomi Antar Negara Terlengkap"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete