loading...

Pengertian Lingkungan dan Macam-macam Lingkungan Hidup serta Dampaknya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia

Banyak ilmuwan bertanya-tanya apakah manusia, seperti halnya dinosaurus dapat punah. Dinosaurus tampaknya merupakan karbon pasif dari bumi yang berubah, sedangkan manusia memainkan peran penting dalam pengrusakan lingkungannya.

Pada tahun 2000 ini hampir 6 milyar manusia di bumi, semuanya menghasilkan limbah dan polusi. Selain pemanasan global yang dapat terjadi karena efek rumah kaca, zat kimia yang dikeluarkan menipiskan lapisan ozon, yaitu lapisan di atmosfer yang menjaga radiasi ultra ungu yang berbahaya.

Pengertian Lingkungan

Apa arti lingkungan itu?
Lingkungan adalah sesuatu yang mutlak dibutuhkan manusia untuk terus mempertahankan proses hidupnya.

Macam-macam lingkungan hidup dan pengaruhnya

Adanya interaksi antara manusia dan lingkungan sekitar itulah yang akan mempengaruhi proses-proses yang terjadi di lingkungan.

1. Lingkungan Darat dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia

Lingkungan darat yang mencakup atas batubatuan, tanah dan sebagainya secara alamiah akan mengalami proses-proses menurut spesifikasinya.

Meskipun secara alamiah lingkungan darat mengalami proses seperti pecahnya batu-batuan, erosi yang terjadi pada tanah, ataupun proses yang lain, tetapi manusia berperan sama pentingnya terhadap proses yang terjadi terhadap lingkungan darat.

Berikut ini contoh-contoh aktivitas negatif manusia terhadap lingkungan darat.

a. Menebang hutan secara liar.

b. Penambangan pasir atau bahan tambang secara liar.

c. Pembuangan sampah sembarangan dan sebagainya.

Contoh yang ketiga sampai saat ini yang masih menjadi bahan perhatian secara serius meskipun contoh yang pertama dan kedua sama pentingnya.

Pembuangan sampah anorganik, seperti plastik, kaleng-kaleng bekas, ataupun sampah anorganik lainnya yang tidak dapat diuraikan oleh tanah.

Pembuangan sampah-sampah tersebut berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Adapun dampak negatif tersebut antara lain tanah menjadi tidak subur dan sampah yang menumpuk menyebabkan penyakit.

Pengertian Lingkungan dan Macam-macam Lingkungan Hidup serta Dampaknya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia
Gambar: Contoh Lingkungan Darat

2. Lingkungan Udara dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia

Lingkungan udara adalah faktor penting untuk kehidupan manusia. Manusia hidup perlu bernapas, bernapas mengambil oksigen dari udara, jadi kita bernapas memerlukan oksigen.

Bagaimana jika oksigen di udara tercemari oleh zatzat lain? Mungkin kita akan sakit bahkan mungkin mati. Pencemaran udara terjadi akibat adanya zat-zat lain yang terproses bersama oksigen di udara.

Zat-zat pencemar disebut juga polutan. Polutan udara berasal dari asap-asap pabrik, asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah atau penyebab-penyebab yang lain.

3. Lingkungan Air dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia

Lingkungan air adalah lingkungan di sekitar manusia yang mencakup perairan, seperti sungai, danau, laut, rawa, dan sebagainya. Air merupakan kebutuhan pokok yang mutlak harus terpenuhi.

Di samping air yang kita ambil, kehidupan airpun sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Sungai atau danau menyediakan zat makanan yang mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya rumput laut serta ikan-ikan.

0 Response to "Pengertian Lingkungan dan Macam-macam Lingkungan Hidup serta Dampaknya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia"

Post a Comment