loading...

Pengertian Planet Bumi beserta Struktur Lapisan Bumi

Bumi merupakan salah satu dari planet dalam sistem tata surya yang merupakan tempat kita hidup dan bisa untuk cerminan ilmiah di dalam mempelajari jagad raya.

1. Bentuk Bumi

Bentuk bumi kita adalah bulat pepat. Ini disebabkan rotasi planet bumi yang dapat mengubah bentuk bumi dan mengidentifikasikan komposisi bumi bukan merupakan bentuk benda tegar melainkan bentuk fluida yang agak plastis.

Sehingga menjadikan sebuah bentuk yang seimbang dengan kekuatan rotasi dan gravitasi. Diameter bumi dari kutub ke kutub adalah 12.700 km dan diameter di sepanjang ekuator 12.750 km, sehingga ada perbedaan sekitar 50 km.

2. Dimensi Bumi

Bumi mempunyai massa dan volume. Menurut taksiran para ahli, massa bumi adalah 5,98 x 1024 kg atau 5,98 x 1027 gram. Kerapatan rata-rata bumi ditentukan dengan membandingkan antara massa bumi dan volume. Sedangkan bumi sendiri memiliki volume 1,083 x 1027 cm3. Kerapatan bumi adalah 5,5 gram/cm3, Angka 5,5 adalah sebagai angka kerapatan ratarata bumi.

Di samping massa dan kerapatan bumi, bumi memiliki gaya gravitasi dan gaya magnet. Pada abad XVII Sir Isaac Newton memperjelas pengertian tentang gravitasi pada saat ia merumuskan hukum gravitasinya yang terkenal.

Istilah gravitasi, tepatnya gravitasi bumi diterapkan pada kekuatan gravitasi yang dilakukan oleh bumi. Masalah gravitasi akan dijelaskan lebih jauh pada pembahasan lainnya.

Gaya magnet (magnetisme) adalah kekuatan suatu benda untuk menarik benda lain. Hukum magnet menyatakan bahwa kutub-kutub yang sama akan tolak menolak dan kutub-kutub yang berbeda akan tarik menarik.

Sebuah magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Mengapa bumi mempunyai gaya magnet? Pada tahun 1600, Sir William Gilbert, seorang ahli fisika Inggris, mengajukan gagasan bahwa bumi itu bertingkah laku seperti magnet raksasa, yang berkutub utara dan berkutub selatan.

Gagasan ini sekarang diterima secara luas. Bila kalian menggunakan sebuah kompas, jarum akan menunjukkan sepanjang garis kekuatan yang melingkar dari kutub magnet yang satu ke kutub yang lain yang disebut garis gaya.

Di mana kutub-kutub magnet tidak bersesuaian secara tepat dengan kutubkutub geografi yaitu membentuk penyimpangan.

Pengertian Planet Bumi beserta Struktur Lapisan Bumi
Gambar: Struktur Lapisan Bumi

Struktur Lapisan Bumi

Bumi terdiri atas tiga bagian yaitu udara, air, dan bagian padat yang berlapis yang terdiri atas atmosfer, hidrosfer, dan litosfer.

a. Atmosfer

Kita bernapas membutuhkan oksigen, oksigen yang kita ambil berasal dari atmosfer bumi. Udara yang mengelilingi bumi terdiri atas 78 % nitrogen, 21 % oksigen, dan 1 % gas lain termasuk di dalamnya uap air dan karbon dioksida.

b. Hidrosfer

Bumi diperkirakan adalah satu-satunya planet yang mengandung air. Sekitar tiga per empat permukaan bumi terdiri dari perairan. Hampir 96% berat air bumi tersusun dari hidrogen dan oksigen.

Di samping itu natrium, klorin dan banyak unsur lain juga ditemukan di perairan samudra. Tumbuh-tumbuhan dan berbagai hewan yang ditemukan di laut merupakan sumber yang sangat besar nilainya, yang memberi orang makanan, pupuk, dan bahan-bahan lainnya.

Lautan atau samudra mengandung banyak sekali mineral yang bernilai tinggi seperti garam dapur (NaCl), magnesium, emas, uranium, tembaga, dan sebagainya.

c. Litosfer

Lapisan litosfer merupakan lapisan paling atas dari bumi, terdiri atas berbagai jenis batuan antara lain batuan gunung berapi, batuan endapan dan batuan metamorfik, serta tanah.

0 Response to "Pengertian Planet Bumi beserta Struktur Lapisan Bumi"

Post a Comment