loading...

Cara Membawakan Acara dan Contoh Teks Pembawa Acara (MC)

Artikel kali ini merupakan pembahasan lengkap tentang contoh susunan acara dan cara membawakan acara, contoh teks pembawa acara, naskah atau contoh teks pembawa acara ulang tahun, susunan acara pernikahan, contoh susunan acara perpisahan, teks pembawa acara pengajian atau acara maulid Nabi.

Pernahkah kalian melihat seorang pembawa acara yang tengah membawakan acara? Bagaimanakah cara dia membawakan acara? Dapatkah kalian membawakan sebuah acara dengan baik, benar, serta menggunakan bahasa yang santun? Tentu kalian akan dapat melakukannya, jika kalian mau mempelajari dan melatihnya.

Pengertian Membawakan Acara

Membawakan acara adalah menyampaikan susunan acara kepada peserta atau hadirin yang mengikuti acara. Dalam membawakan acara, kita harus dapat menyesuaikan sikap kita terhadap acara yang sedang dijalani. Artinya, kita dapat membedakan sikap saat membawakan acara yang sifatnya gembira, sedih, dan khidmat.

Perhatikanlah ilustrasi berikut sebagai bahan referensi kalian dalam pembahasan materi mengenai membawakan acara ini!
Pada bulan ini kepala sekolahmu mendapat penghargaan sebagai guru teladan tingkat provinsi. Acara penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di sekolahmu. Acara tersebut dihadiri oleh kepala Depdiknas, wali kota, dan pejabat penting lainnya. Pada acara tersebut, kamu mendapat tugas menjadi pembawa acara. Susunan acara dalam acara tersebut meliputi pembukaan, sambutan ketua panitia, sambutan wali kota, penyerahan penghargaan guru teladan oleh kepala depdiknas provinsi, kesan dan pesan sang guru teladan, istirahat dan hiburan, serta penutup. Sebagai pembawa acara, kamu harus dapat membawakan acara dengan baik dari awal hingga akhir acara tersebut.

Contoh Teks Pembawa Acara

Contoh bentuk membawakan acara tersebut adalah berikut.
Cara Membawakan Acara dan Contoh Teks Pembawa Acara (MC)
Contoh Pembawa Acara (MC)
Assalamualaikum Wr. Wb.


Bapak Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan yang kami hormati, Bapak Wali Kota Kodya Palembang beserta seluruh tamu undangan yang saya muliakan, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala kebaikan yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita bersama, kita dapat berkumpul di sini.

Pada kesempatan ini, kami atas nama panitia dan keluarga besar MTs Mulia Darma mengucapkan terima kasih setulusnya atas kehadiran Bapak, Ibu, dan hadirin semuanya di Aula MTs Mulia Darma, dalam rangka penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan.

Sebelum menginjak acara yang pertama, perkenankan kami, menyampaikan rangkaian acara penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan.

Acara yang pertama adalah pembukaan, kemudian dilanjutkan sambutan ketua panitia dan sambutan Wali Kota Kodya Palembang. Selanjutnya adalah acara inti, yaitu penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan oleh Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan. Acara keempat, yaitu kesan dan pesan dari sang Guru Teladan. Acara kelima, yaitu lain-lain. Di pengujung acara akan kita tutup dengan doa bersama.

(Selanjutnya, penyampaian acara dapat diperinci sebagai berikut.)

1. Untuk mengawali acara kita kali ini, marilah acara ini kita buka dengan doa bersama. Berdasarkan keyakinan kita masing-masing, berdoa mulai.

2. Acara selanjutnya adalah sambutan. Sambutan yang pertama yaitu dari ketua panitia, yang akan disampaikan oleh Bapak Ir. Anwar Simatupang. Kepada Bapak Anwar kami persilakan. (setelah sambutan selesai) Terima kasih kepada Bapak Anwar, dan sambutan yang kedua, yaitu oleh Wali Kota Kodya Palembang. Kepada Bapak Wali Kota Kodya Palembang kami persilakan.

3. Hadirin yang terhormat, kini tibalah saatnya kita pada acara inti, yaitu penyerahan penghargaan guru teladan Provinsi Sumatra Selatan. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Bapak Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan kepada Bapak Drs. Bahri Khaerudin, kepala MTs Mulia Darma Palembang. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari sang guru teladan. Kepada beliau Bapak Kepala Depdiknas dan Bapak Bahri Khaerudin kami persilakan.

4. Demikian tadi acara penyerahan penghargaan serta kesan dan pesan yang disampaikan oleh guru teladan Provinsi Sumatra Selatan tahun ini, Bapak Drs. Bahri Khaerudin. Hadiran yang terhormat, menginjak acara kita selanjutnya, yaitu lain-lain. Pada acara ini kita akan beristirahat sejenak untuk menyaksikan penampilan grup band “Motivasi” MTs Mulia Darma. Kepada grup band “Motivasi” dan panitia yang bertugas kami persilakan.

5. Hadirin sekalian, tibalah saatnya kita sampai pada pengujung acara ini, yaitu penutup. Sebelum acara ini kita tutup, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin yang berkenan mengikuti acara ini. Kami atas nama panitia mohon maaf atas segala kekurangan berkaitan dengan pelaksanaan acara ini. Akhir kata, marilah acara ini kita tutup dengan doa bersama. Hadirin yang terhormat, berdoa dimulai. (setelah doa selesai) Sekian dari kami,

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Cara Membawakan Acara

Membacakan acara harus dilakukan dengan baik. Terkadang, sebuah kesuksesan acara ditentukan oleh seorang pembawa acara. Maka itu, dalam membawakan sebuah acara perlu memerhatikan beberapa hal.

Adapun hal yang perlu kita perhatikan dalam membawakan sebuah acara antara lain berikut.

1. Penggunaan bahasa yang santun dan komunikatif.

2. Mengucapkan salam, ucapan terima kasih, serta sapaan dengan tepat.

3. Menyampaikan acara sesuai urutan acara dengan benar.

4. Menumbuhkan kesan berkomunikasi dengan hadirin atau peserta.

5. Menerapkan intonasi dan artikulasi yang tepat.

Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, kalian tentu akan dapat membawakan acara dengan baik.

Baca juga: Cara Menulis Puisi

0 Response to "Cara Membawakan Acara dan Contoh Teks Pembawa Acara (MC)"

Post a Comment