loading...

Contoh Cara Menceritakan Tokoh Idola

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang contoh tokoh-tokoh idola, contoh memceritakan tokoh idola, cara menceritakan tokoh idola sekaligus dilengkapi dengan pembahasan tentang hal-hal yang terkait dengan tokoh idola.

Menceritakan tokoh idola kalau dalam istilah bahasa sunda adalah “nyaritakeun tokoh idola” merupakan pembahasan yang didalamnya berisi tentang pengertian tokoh idola, kenapa seseorang bisa disebut tokoh idola, dan contoh tokoh idola, seperti; Nabi Muhammad, Ir. Soekarno, Ibu, Anisa Chibi, Coboy Junior, Anisa Rahma Chibi, Anisa Cherrybelle, dan lain-lain.

Pengertian Tokoh Idola

Kamu pasti memiliki tokoh idola. Idola adalah tokoh yang dikagumi dan menjadi objek pemujaan. Pemujaan tersebut terkadang dilakukan secara luar biasa, berlebihan, cinta fanatik bahkan sering kali berubah menjadi obsesi. Seseorang dapat dijadikan sebagai tokoh idola. Tokoh idola sangat dipuja pengagumnya.

Ia bisa siapa saja, misalnya, pahlawan nasional, pemain musik, sastrawan, olahragawan, penyiar televisi, penyanyi, atau artis. Tokoh idola tidak selalu orang terkenal, orang biasa seperti guru, saudara, orang tua, atau sahabat dapat juga menjadi idola kamu.

Tidak jarang, ada juga yang mempunyai idola tokoh imajinatif seperti Tweety, Donald Duck, Mickey Mouse, Guffi, Hello Kitty atau tokoh imajinatif lain. Setiap orang bebas memilih dan menentukan idolanya sendiri.

Pada umumnya, tokoh idola adalah orang yang dikenal banyak orang, mempunyai keistimewaan, keunggulan, dan keunikan. Keistimewaan seseorang, misalnya, dapat berupa hal tertentu yang tidak atau jarang dimiliki oleh orang pada umumnya. Keunggulan seorang dapat diartikan juga dengan keahlian atau prestasi yang dicapai.

Mengapa Seseorang disebut Tokoh Idola?

Beberapa hal yang biasanya membedakan seorang idola dengan orang lain adalah

a. dikagumi oleh banyak orang,

b. ahli di bidang tertentu,

c. berprestasi di bidangnya,

d. dapat menjadi teladan.

Apabila mengidolakan seseorang, kamu pasti ingin mengetahui segala sesuatu tentang orang tersebut. Seperti biodata pribadi yang meliputi nama, tanggal lahir, dan alamat serta data-data lain yang berhubungan dengan dia.

Kamu dapat mengumpulkan dan mengoleksi artikel dan foto idola kamu tersebut. Artikel dan foto idola yang kamu kumpulkan dan koleksi tersebut dapat juga dibuat menjadi kliping. Bagaimana cara untuk mendapatkan informasi dan artikel seorang idola?

Setiap tokoh idola yang terkenal pasti mempunyai profil yang pernah ditayangkan atau dimuat dalam media massa. Kamu dapat mencari informasi, artikel, dan foto idola kamu dalam koran, majalah, tabloid, atau buku.

Apabila ada teman kamu yang mempunyai informasi tentang dia, kamu dapat saling bertukar informasi, artikel, atau foto dengannya. Jika kamu kenal dengannya, kamu dapat bertanya langsung kepadanya. Mencari informasi seorang idola bukanlah pekerjaan mudah.

Apalagi jika kamu berniat mengumpulkan, mengoleksi, dan membuat kliping tentangnya. Dibutuhkan kesabaran, keuletan, ketelatenan, kedisiplinan, dan kemungkinan juga biaya yang cukup mahal.

Siapakah tokoh idola kamu? Orang terkenal atau orang biasa? Apa saja yang kamu ketahui tentang dia? Apakah kamu juga sering mencari, mengumpulkan, dan mengoleksi informasi, artikel, atau fotonya?

Seringkah kamu menceritakan tokoh idolamu itu kepada teman-teman? Apakah yang membuat kamu mengidolakan dia? Tokoh idola dapat memotivasi seseorang untuk menjadi lebih baik.

Contoh Cara Menceritakan Tokoh Idola

Jika kamu suka olahraga basket dan mengikuti perkembangan basket nasional, pasti kenal dan tidak asing dengan lelaki satu ini. Postur tubuh dan wajah oke, kepribadian yang menarik serta segudang prestasi membuat lelaki keren ini menjadi idola banyak orang.

Pemain yang mempunyai tinggi badan 188 cm ini bernama lengkap Wahyu Widayat Jati atau biasa dipanggil Wahyu. Anak dari pasangan Marwoto dan Winarti ini lahir di Sleman, 15 Juli 1977.

Wahyu mulai mengenal basket sejak masih SMP. Pada awalnya, dia menyukai olahraga sepak bola. Akan tetapi, setiap kali pulang bermain sepak bola seluruh tubuh dan bajunya selalu kotor, sehingga kedua orang tuanya tidak membolehkan dia bermain sepak bola. Kemudian Wahyu beralih ke olahraga basket dan bermain sampai sekarang.

Saat ini, Wahyu tercatat sebagai pemain andalan dari salah satu tim unggulan IBL, yaitu Satria Muda Britama Jakarta. Wahyu yang merupakan salah satu power forward nasional terbaik, mulai bergabung dengan Satria Muda sejak tahun 1996. 

Sebelum bergabung dengan Satria Muda, Wahyu bermain di klub Mitra Guntur selama satu tahun, yaitu dari tahun 1995–1996.

Selama bertahun-tahun bermain basket, telah banyak kejuaraan yang diikuti oleh Wahyu baik di tingkat nasional maupun internasional. 


Kejuaraan dan prestasi yang telah dicapai Wahyu, antara lain:
Contoh Cara Menceritakan Tokoh Idola
Gambar: Contoh Tokoh Idola (Wahyu Widayat Jati)
1. Timnas SEA GAMES XIX
2. kejuaraan Asia di Arab (1997)
3. kejuaraan Junior Asia U-22
4. kejuaraan SEABA (2006)
5. juara Kobatama
6. runner Up Kobatama
7. peringkat III Kobatama
8. juara IBL (2003, 2006)
9. runner Up SEABA (2007)

Meskipun sangat sibuk berlatih dan mengikuti pertandingan-pertandingan, pemain yang mempunyai idola Dennis Rodman ini tidak melupakan pendidikan. Hal ini dibuktikan oleh Wahyu dengan menyelesaikan studi di D-3 STIE Swadaya jurusan manajemen keuangan perbankan dan melanjutkan S-1 di STIE Perbanas.

Pemain yang pernah cedera lutut dan harus menjalani operasi selama dua kali (1998 dan 2005) ini membuktikan bahwa kesibukan apa pun yang kita lakukan, pendidikan merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan. Pendidikan adalah modal untuk masa depan kita.

Kesimpulan dalam menceritakan tokoh idola adalah terkandungnya beberapa point di bawah ini.

a. Siapakah tokoh yang diceritakan tersebut?

b. Prestasi apa saja yang telah dicapainya?

c. Pantaskah dia menjadi seorang idola? Berikan alasanmu!

d. Hal apa saja yang dapat kita teladani darinya?

0 Response to "Contoh Cara Menceritakan Tokoh Idola"

Post a Comment