Contoh Cara Menemukan Pokok-pokok Berita 5W + 1H

Pembahasan berikut ini adalah tentang contoh berita 5W + 1H, cara menentukan pokok-pokok berita, contoh teks berita singkat, cara menyimpulkan isi berita, contoh teks berita terkini, mencari pokok-pokok berita, cara membuat pokok-pokok berita.

Memahami berita yang diperdengarkan berbeda dengan memahami berita dari media cetak. Untuk dapat memahami berita yang disampaikan melalui media cetak, kita dapat membacanya.

Apabila kita belum memahami isi berita, kita dapat mengulangi membaca. Adapun untuk memahami berita yang disampaikan melalui media elektronik diperlukan konsentrasi yang cukup. Hal ini dikarenakan sifat beritanya hanya dibacakan satu kali atau tidak ada pengulangan.

Dapatkah kalian memahami informasi dari berita yang disampaikan? Jika kalian memahami isi berita tersebut, tentu kalian dapat menuliskan pokok-pokok berita yang kalian dengar dan menuliskan isi berita ke dalam beberapa kalimat serta menuliskan kesimpulan isi beritanya.

Contoh Teks Berita Singkat

Contoh Cara Menemukan Pokok-pokok Berita 5W + 1H
Contoh Teks Berita Singkat

Selamat siang para pendengar yang budiman,
Kembali kami Gema FM bergabung ke tengah-tengah Anda sekalian dalam segmen Infotek, Info Teknologi. Saya, Diva Astuti akan mengetengahkan sebuah topik menarik untuk Anda semua.


Pendengar yang berbahagia, beberapa tahun belakangan ini istilah knowledge management (pengelolaan pengetahuan atau pemikiran) atau KM menjadi bahasan di banyak disiplin ilmu, terutama yang terkait dengan manajemen dan teknologi informasi.


Kini istilah KM pun mulai menenggelamkan popularitas istilah information management (pengelolaan informasi yang berhubungan dengan komputer) atau IM. Pendengar yang setia, apa sebenarnya perbedaan karakteristik dua istilah ini, dan bagaimana penerapannya dalam dunia teknologi informasi?


IM merupakan suatu teknik pengaturan atau organisasi agar informasi mudah dicari dan digunakan oleh pemakai. Hal yang termasuk dalam proses manajemen informasi, antara lain pengumpulan informasi, pengolahan informasi, kemas ulang informasi, serta temu kembali informasi.


Pendengar yang berbahagia, KM adalah teknik membangun suatu lingkungan pembelajaran atau learning environment. Dengan demikian, orang-orang di dalamnya terus termotivasi untuk terus belajar, memanfaatkan informasi yang ada, serta pada akhirnya mau berbagi informasi yang diperoleh. 


Hal yang termasuk dalam proses manajemen pengetahuan, antara lain pembelajaran dan berbagi pengetahuan. Para pendengar setia, tetaplah di gelombang ini untuk menyimak info selanjutnya. Namun sebelum itu, simaklah sebuah lagu berikut.

(Digubah dari berita Koran Tempo,
17 Februari 2005)

Sangat diperlukan konsentrasi yang cukup untuk dapat memahami berita yang disampaikan melalui media televisi atau radio. Hal ini dikarenakan sifat berita yang disampaikan hanya dibacakan satu kali atau tidak ada pengulangan.

Artinya, kalian tidak dapat mengulang kembali berita tersebut sebagaimana kita mengulang lagu dari kaset ataupun CD. Adapun untuk memahami berita yang kalian dengar, kalian tidak perlu menyimak berita tersebut secara kata per kata atau bahkan menghafalnya.

Kalian dapat memahami isi berita yang kalian dengar cukup dengan memahami pokok-pokok isi beritanya. Adapun pokok isi kelengkapan dari sebuah berita meliputi unsur apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana, berkenaan dengan berita yang disampaikan.

Menemukan Pokok-pokok Berita

Berdasarkan berita singkat yang kalian dengar, kalian dapat menemukan kelengkapan unsur berita yang kalian dengar seperti berikut ini.

1. Apakah hal yang disampaikan dalam berita tersebut?
    – Informasi tentang IM dan KM.

2. Siapa yang menyampaikan berita tersebut?
    – Diva Astuti (penyiar radio Gema FM).

3. Kapan berita tersebut disampaikan?
    – Pada segmen Infotek radio Gema FM (siang hari).

4. Kapan KM menjadi lebih populer dibandingkan IM?
    – Pada akhir-akhir ini.

5. Di mana berita tersebut disampaikan?
    – Di radio Gema FM.

6. Mengapa KM menjadi lebih populer dibanding IM?
    – Karena KM sedang banyak menjadi pembahasan dalam berbagai disiplin ilmu.

7. Bagaimana KM menjadi banyak dibahas dibandingkan IM?
    – KM memiliki cakupan yang lebih mengarah pada termotivasinya seseorang untuk terus belajar, memanfaatkan informasi yang ada, serta pada akhirnya mau berbagi informasi yang diperoleh.

Cara Menemukan Pokok-pokok berita

Kalian perlu memerhatikan beberapa hal untuk dapat menyimpulkan isi berita. Beberapa hal yang dimaksud adalah berikut.

1. Menyimak berita secara utuh atau keseluruhan dan lengkap secara konsentrasi.

2. Memahami pokok-pokok berita dan menentukan pikiran utamanya.

3. Menyusun pokok-pokok pikiran kembali dan menganalisisnya.

4. Menarik kesimpulan isi berita.

Baca: Contoh Teks Berita Singkat