loading...

Contoh Cara Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi

Pembahasan kali ini adalah tentang menarasikan teks wawancara, contoh mengubah teks wawancara menjadi narasi, contoh narasi wawancara, contoh teks wawancara menjadi narasi, dan contoh wawancara dalam bentuk narasi, serta contoh teks narasi.

Teks wawancara merupakan bentuk penyajian informasi berupa tanya jawab antara pewawancara dan narasumber. Untuk menceritakan atau menyampaikan kembali hasil wawancara kepada orang lain, teks wawancara perlu diubah dalam bentuk narasi. Narasi merupakan bentuk karangan pengisahan suatu cerita atau kejadian.

Cara Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi

Agar kamu dapat menarasikan teks wawancara dengan baik, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Bacalah teks wawancara dengan cermat.

2. Catatlah pokok-pokok isi wawancara.

3. Buatlah pengantar ke arah isi wawancara.

4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok-pokok isi.

5. Lengkapilah narasi dengan bagian penutup.

Contoh Teks Narasi

Perhatikan contoh berikut!

Operator AS Tawarkan Layanan Pencari Lokasi
Penelepon pun Terdeteksi
Oleh R Bambang Aris S

"Hei, halo kamu lagi di mana sih?" Begitu pertanyaan yang sering terlontar saat kita bertelepon dengan teman. Pertanyaan yang sebenarnya sangat biasa itu tampaknya bakal segera jadi tak biasa lagi.

Hal ini bisa menjadi kenyataan bagi sementara pengguna ponsel di AS lantaran salah satu operator di sana sudah merintis layanan baru berupa pelacak posisi lawan bicara. Operator tersebut, Sprint, menggandeng Loopt, sebuah perusahaan yang berbasis di California untuk menyediakan layanan pelacak posisi itu.

Layanan ini memanfaatkan fitur GPRS yang ada di sejumlah ponsel resmi dari Sprint. Pada prinsipnya, layanan ini secara otomatis menunjukkan lokasi orang-orang yang sudah dimasukkan ke dalam data jaringan pribadi pengguna telepon di mana lokasi itu ditunjukkan pada peta yang ditampilkan di ponsel. Bahkan, layanan Loopt ini akan memberikan sinyal jika orang yang dicari berada dalam posisi yang sangat dekat. Pengguna juga bisa menambahkan gambar atau video sebagai tambahan penanda.


Contoh Cara Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi
Gambar: Pendeteksi Lokasi Penelpon

Muncul juga kekhawatiran, apakah pengungkapan lokasi ini bisa menimbulkan kerawanan? Namun layanan ini tetap berdasarkan kesepakatan. Pengungkapan lokasi ini hanya akan berada di lingkup jaringan pribadi khusus relasi atau teman dekat. Layanan ini juga bisa dinonaktifkan untuk orang-orang tertentu atau untuk semuanya.

Meski layanan seperti ini sebenarnya bukan hal yang terlalu baru, namun menurut Chris Hazelton dari lembaga riset industri IDC, bisa benar-benar memberikan perubahan pada cara berkomunikasi karena melibatkan pemain telekomunikasi kelas besar, yaitu Sprint." Segmen yang akan dicapai melalui layanan ini akan lebih luas dan berpengaruh di pasar," katanya. "Jadi, model baru jaringan sosial yang berbasis identifikasi lokasi lewat ponsel akan bisa tersebar lebih luas," imbuhnya.

Hazelton menilai pula, saat ini kalangan muda pengguna ponsel dan gadget sudah cukup digemari kegiatan berdasarkan indentifikasi lokasi sehingga mereka bisa jadi pasar yang bagus untuk layanan ini. Lagi pula ponsel CDMA yang merupakan bidang layanan Sprint juga semuanya sudah dilengkapi sensor GPS, begitu juga dengan ponsel yang dipakai operator lain seperti Alltel dan Verizon." Kalangan bisnis juga pasti akan banyak mengambil manfaat dari layanan ini untuk memantau tim yang ada di lapangan," katanya.

Tapi Chris mengingatkan pula bahwa tidak semua orang ingin diketahui keberadaannya setiap saat. "Memang layanan ini bisa dinonaktifkan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, tapi apakah orang jadi tidak terganggu juga dengan itu?" ujarnya.

Di Amerika Serikat, layanan ini akan terasa sangat penting bagi para orang tua yang ingin terus memantau posisi anak-anak mereka. Mereka pun bekerja sama dengan sejumlah lembaga pemerhati keamanan teknologi informasi di AS macam Famili Online Safety.org dan Cyber Safety Advisor Board.

Solopos, 22 Juli 2007 (dengan pengubahan)

Berdasarkan teks Bacaan di atas, paragraf pertama merupakan paragraf pengantar, paragraf kedua sampai selanjutnya merupakan paragraf inti, dan pragraf terakhir merupakan paragraf penutup.

Baca juga: Mengubah Tabel menjadi Narasi

0 Response to "Contoh Cara Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi"

Post a Comment