loading...

Contoh Cara Menyampaikan Kalimat Persetujuan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi

Pembahasan kali ini adalah tentang contoh kalimat persetujuan, contoh kalimat sanggahan, contoh kalimat penolakan, contoh kalimat sanggahan dalam diskusi, cara menyampaikan kalimat persetujuan dalam diskusi, dan cara menyampaikan kalimat sanggahan dalam diskusi.

Dalam sebuah diskusi tentu saja dapat terjadi adanya perbedaan pendapat dalam upaya mendapatkan solusi dari persolan yang dibahas. Perbedaan pendapat tersebut dapat memunculkan adanya bentuk rasa persetujuan, ketidaksetujuan, upaya sanggahan, ataupun penolakan dari masing-masing peserta diskusi.

Bagaimanakah cara menyampaikan bentuk-bentuk perbedaan pendapat agar diskusi tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar? Tentu saja semua harus disampaikan dengan etika yang baik dan santun.

Contoh Diskusi Singkat

Perhatikanlah contoh ilustrasi sebuah proses diskusi berikut!

Bahan diskusi

Teknologi Mesin dan Dampak Lingkungan

Penggunaan teknologi dan mesin-mesin modern dengan sistem komputer di perusahaan-perusahaan industri mampu meningkatkan hasil produksi beberapa kali lipat dibandingkan dengan teknologi manual. Namun demikian, sistem pengoperasian mesin yang serba otomatis dan dapat dioperasionalkan selama 24 jam sehari secara penuh, telah menimbulkan beberapa dampak kurang menguntungkan bagi bidang lainnya.

Lingkungan, lingkungan adalah salah satu bidang yang paling sering mendapatkan dampak pertama dari berdirinya perusahaan industri (pabrik). Limbah, polusi, dan kebisingan sepertinya merupakan satu-kesatuan yang tidak mungkin lepas dari penggunaan mesin-mesin. Pengolahan terhadap ketiga hal tersebut, saat ini kadang masih belum begitu diperhatikan oleh sebagian pengembang industri.

Moderator: Andi Hafid
Notulis: Marleyn Silalahi

Contoh Kalimat Persetujuan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi

Dalam proses diskusi dengan bahan diskusi di atas dapat muncul beberapa kemungkinan tanggapan yang berupa pernyataan. Contoh tanggapan dan sanggahan yang dapat kalian sampaikan dalam diskusi tersebut adalah sebagaimana dilakukan teman-teman kalian, misalnya:

1) Linda (pernyataan atau tanggapan terhadap persoalan):
Saya dapat merasakan, bahwa memang penggunaan mesin-mesin modern di perusahaan-perusahaan industri telah menimbulkan efek negatif bagi lingkungan. Telah banyak kita simak dari saluran-saluran informasi yang mengemukakan bahwa limbah-limbah industri telah menelan korban, yaitu kerusakan lingkungan dan juga polusi udara yang terus meningkat. Maka itu, saya mempunyai pemikiran bahwa penggunaan mesin-mesin dalam industri saat ini sebaiknya diminimalis, mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan.
2) Wayan (persetujuan atau tanggapan terhadap persoalan):
Saya mendukung tanggapan yang dikemukakan Saudari Linda. Selain berdampak polusi, penggunaan mesin-mesin modern telah mengurangi jumlah tenaga kerja, sedangkan kita ketahui bahwa masih banyak tenaga kerja kita yang kesulitan mendapatkan pekerjaan.
3) Sania (sanggahan terhadap tanggapan 1 dan 2): 
Saya dapat memahami dampak yang ditimbulkan dari adanya penggunaan mesin-mesin modern dalam perindustrian, dan saya juga membenarkan hal tersebut. Namun demikian, saya kurang sependapat dengan solusi yang dikemukakan Saudari Linda yang dikuatkan oleh Saudara Wayan.
Pemikiran saya bahwa meminimalis mesin-mesin modern dalam perindustrian berarti mengurangi efektivitas perusahaan dalam berproduksi, yang justru dapat menurunkan jumlah produksi. Saya berpendapat bahwa untuk mengurangi dampak limbah dan polusi industri perlu diperketat adanya peraturan terhadap usaha perindustrian yang ramah lingkungan dengan menerapkan sistem amdal.
4) Tobing (sanggahan terhadap pernyataan 1 dan 2): 
Saya juga kurang sependapat dengan Saudara Wayan dan Saudari Linda. Menurut saya, meminimalis penggunaan mesin-mesin dalam perindustrian, selain seperti yang dikemukakan Saudari Sania, pengembangan perindustrian kita akan makin tertinggal dari negara lain secara teknologi. 
Contoh Cara Menyampaikan Kalimat Persetujuan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi
Diskusi

Cara Menyampaikan Kalimat Persetujuan, Sanggahan dan Penolakan

Dalam proses diskusi, tanggapan, usulan, pertanyaan, dan adu pendapat harus disampaikan melalui moderator dan disampaikan dengan bahasa yang santun. Dalam hal ini, moderator berfungsi sebagai pemimpin, pemandu, dan penanggung jawab berjalannya diskusi.

Seorang moderator harus dapat mengondisikan peserta diskusi, menerima dan menolak usulan, masukan, sanggahan, dan sebagainya, demi tertibnya diskusi untuk mendapatkan solusi serta tidak terjadi pendominasian (penguasaan) pendapat.

Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menyampaikan persetujuan, sanggahan, maupun penolakan pendapat, yaitu berikut.

a. Meminta izin moderator terlebih dahulu selaku pemandu diskusi.

b. Disampaikan dengan bahasa yang santun, komunikatif, dan jelas.

c. Disertai dengan bukti dan alasan yang logis dan tepat, serta jika perlu disertai data-data.

d. Fokus terhadap persoalan yang sedang dibahas atau dibicarakan.

e. Tidak memaksakan kehendak atau pendapat.

Baca juga: Cara Membuat Naskah Drama

0 Response to "Contoh Cara Menyampaikan Kalimat Persetujuan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi"

Post a Comment