loading...

Contoh dan Cara Menulis (Resensi) Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Pembahasan kali ini adalah tentang contoh rangkuman isi buku pengetahuan populer kelas 8 dan cara menulis rangkuman isi buku pengetahuan populer, cara merangkum buku ilmu pengetahuan populer, contoh resensi buku ilmu pengetahuan, contoh buku ilmu pengetahuan populer dan cara meresensi buku ilmu pengetahuan populer.

Menulis rangkuman merupakan upaya menyarikan sebuah teks atau bacaan. Jadi, merangkum sebuah buku adalah mengambil inti sari sebuah isi buku dan menuliskannya kembali menjadi catatan ringkas.

Hal yang perlu kalian ingat bahwa sebuah rangkuman isinya mencakup keseluruhan teks atau buku yang dirangkum secara utuh dan lengkap, meski dalam penyajiannya lebih padat dan ringkas. Jadi, dalam merangkum jangan sampai ada hal penting dari bacaan atau buku yang tidak terambil atau terangkum.

Pengertian Buku Pengetahuan Populer

Adapun yang dimaksud dari buku pengetahuan populer adalah buku yang berisi informasi mengenai pengetahuan yang sifatnya banyak diketahui oleh masyarakat secara umum.

Dalam hal ini, sesuatu yang bersifat populer merupakan sesuatu yang sudah biasa diketahui atau akrab di lingkungan masyarakat secara umum. Buku pengetahuan populer memiliki berbagai bidang pengetahuan, misal: peternakan, bisnis, kepribadian secara umum, dan pengetahuan lainnya.

Adapun buku pengetahuan yang membahas mengenai disiplin ilmu tertentu secara spesifik dan detail bukan termasuk buku pengetahuan populer, akan tetapi merupakan buku kajian disiplin ilmu. Contoh buku kajian disiplin ilmu adalah buku mengenai anatomi tubuh manusia.

Contoh Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Perhatikanlah teks ilustrasi berikut berkaitan dengan rangkuman buku pengetahuan populer!
Contoh dan Cara Menulis (Resensi) Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer
Buku Anggur dalam Pot
Judul Buku           : Anggur dalam Pot

Jumlah Halaman  : 50 halaman

Penerbit                : Penebar Swadaya

Cetakan                 : IV

Buku berjudul Anggur dalam Pot ini memuat uraian mengenai cara membudidayakan tanaman anggur di dalam pot atau kantong plastik. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa menanam anggur memerlukan lahan yang luas serta perawatan yang sangat rumit. 

Pada kenyataannya pandangan tersebut tidak tepat. Dalam buku berjudul Anggur dalam Pot ini dijelaskan bahwa sebenarnya pembudidayaan buah anggur tidaklah sesulit seperti pandangan banyak orang.

Dalam buku ini dikemukakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembudidaya- an tanaman anggur dalam pot atau kantong plastik. Hal-hal tersebut di antaranya meliputi seluk-beluk tanaman anggur beserta jenis dan ciri-cirinya. 

Pada buku ini dikemukakan juga mengenai cara memilih bibit anggur yang baik, cara menyiapkan media tanam, serta cara perawatan selama pertumbuhan. Pada bab akhir dalam buku ini dikemukakan hal-hal yang berkaitan dengan perawatan pohon anggur dewasa dari berbagai penyakit.

Cara Menulis Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam merangkum sebuah buku pengetahuan populer adalah berikut.

1. Membaca buku hingga memahami secara utuh dan lengkap.

2. Menuliskan pokok-pokok inti sari bacaan atau buku.

3. Menuliskan pokok-pokok tersebut menjadi rangkaian kalimat yang mudah dipahami.

4. Mencek dan ricek hasil rangkuman dengan isi buku untuk mengetahui rangkuman sudah lengkap atau belum.

Contoh Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Contoh butir-butir pokok yang penting untuk dicatat dari buku pengetahuan di atas adalah berikut.

1. Pohon anggur selain merupakan tanaman buah yang memiliki nilai jual tinggi juga merupakan tanaman hias.

2. Cara memilih dan memperoleh bibit yang baik.

3. Memilih pot yang baik, menyiapkan media tanam, serta memindahkan bibit anggur dalam pot.

4. Perawatan bibit anggur dengan cara penyiraman, pemberian tempat merambat, serta pemupukan.

5. Membentuk cabang dan ranting pendukung buah.

6. Merawat tanaman anggur agar produktif sepanjang tahun dengan cara pemangkasan.

7. Mengatasi serangan hama dan penyakit tanaman anggur.

Rangkuman buku berjudul Anggur dalam Pot berdasarkan butir-butir pokok yang terdapat dalam buku tersebut dapat kalian tuliskan sebagai berikut.
Buku berjudul Anggur dalam Pot ini memuat uraian mengenai cara membudidayakan tanaman anggur di dalam pot atau kantong plastik. Dalam buku ini dikemukakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembudidayaan tanaman anggur dalam pot atau kantong plastik. Hal-hal tersebut meliputi pemilihan bibit anggur yang baik, cara menyiapkan media tanam, cara perawatan selama pertumbuhan, serta upaya mengatasi berbagai hama dan penyakit tanaman anggur.
Demikian pembahasan lengkap tentang contoh rangkuman isi buku pengetahuan populer dan cara menulis rangkuman isi buku pengetahuan populer semoga bermanfaat.

Baca: Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Baca juga: Contoh Kutipan Novel

0 Response to "Contoh dan Cara Menulis (Resensi) Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer"

Post a Comment