loading...

Contoh Laporan Perjalanan Wisata Singkat dan Cara Menanggapi Isi Laporannya

Pembahasan mengenai laporan telah kita bahas pada postingan terdahulu. Dalam pembahasan terdahulu, kalian sudah mempelajari mengenai cara menganalisis sebuah laporan yang dibacakan.

Setelah kalian dapat menganalisis mengenai laporan yang dibacakan, kalian diharapkan dapat memberikan tanggapan terhadap laporan tersebut. Tentu saja kalian dapat memberikan tanggapan terhadap sebuah laporan jika kalian telah memahami isi laporan tersebut secara benar melalui analisis yang kalian lakukan.

Contoh Laporan Perjalanan Wisata Singkat


Boko Sunrise, Melihat Matahari Terbit dari Puncak Bukit Tugel
Telah banyak orang mengunjungi Istana Ratu Boko yang semula bernama Abhayagiri Vihara, sebuah istana yang berdasarkan artinya berada di bukit penuh kedamaian. 

Namun, sedikit saja yang pernah merasakan kenikmatan berjalan dari lokasi istana ini dan trekking menyusuri Bukit Boko pada dini hari dan menyaksikan fajar menyingsing di ufuk timur. Yog YES mengajak Anda menikmatinya untuk merayakan datangnya fajar baru di awal tahun.

Untuk menikmatinya, Anda dapat mendaftar sebagai peserta Boko Trekking di Taman Wisata Candi. Sekali mendaftar, Anda mendapatkan paket wisata berupa keliling Istana Ratu Boko, menikmati pemandangan senja di Plaza Andrawina (salah satu bangsal istana), bermalam dalam tenda dan trekking menyusuri Bukit Boko melihat pemandangan matahari terbit, serta melihat candi-candi di kompleks Ratu Boko. Tentu sebuah paket wisata menyenangkan di akhir tahun.
Contoh Laporan Perjalanan Wisata Singkat dan Cara Menanggapi Isi Laporannya
Boko Sunrise

Perjalanan paling menarik yaitu trekking untuk kemudian menikmati pemandangan matahari terbit. Trekking biasanya dimulai sekitar pukul 3 dini hari. Waktu yang sangat tepat untuk memulai perjalanan melihat fajar di awal tahun. 

Hal ini dikarenakan di jam-jam sebelumnya Anda akan lebih disibukkan dengan ritual meniup terompet sebagai pertanda tahun baru telah tiba. Pastikan kondisi fisik Anda cukup mampu untuk berjalan setelah bergadang semalam.

Medan menuju Bukit Tugel, tempat Anda akan menikmati salah satu fajar terindah, sebenarnya tidak begitu sulit. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir. Di samping itu, pihak penyelenggara tour telah menyediakan pemandu. 

Dengan demikian, akan memudahkan petualangan Anda yang baru pertama mendaki bukit. Beberapa peralatan pribadi seperti baju lapangan, helm, sepatu gunung, senter, dan obat-obatan tetap perlu disiapkan.

Selama perjalanan menuju Bukit Tugel, Anda memang kurang dapat melihat panorama alam sekitar karena hari masih gelap. Namun Anda dapat mendengar musik alam yang syahdu. Jika peka, Anda bahkan dapat mengetahui saat musik alam itu mulai berganti menjelang pagi tiba. 

Suara serangga tanah dan burung malam yang semula mendominasi digantikan oleh kokok ayam, suara burung gereja, dan sedikit keramaian yang ditimbulkan oleh aktivitas warga sekitar.

Perjalanan menuju Bukit Tugel yang melelahkan akan berakhir saat menjelang fajar. Anda dapat beristirahat sejenak untuk menunggu sang mentari menampakkan diri. 

Sambil duduk menikmati kopi atau teh hangat dan bercakap dengan teman tentu akan menyenangkan. Berbicara tentang rencana hidup masing-masing dan membuka diri terhadap masukan tentu menjadi sangat berarti.

Panorama langit mengagumkan akan tampak saat menunggu fajar tiba. Warna hitam malam akan tergantikan dengan gradasi warna kuning ke merah. Makin lama, warna kuning akan makin dominan menandakan matahari sudah mulai tinggi. 

Apabila matahari telah benar-benar menghiasi pagi, maka warna langit yang semula hitam akan berganti biru dengan dihiasi awan berwarna putih. Apabila Anda membawa kamera, tentu menyenangkan dapat merekam setiap perubahan itu.

Begitu matahari telah terlihat bulat di ujung timur, barulah Anda dapat menyaksikan pemandangan alam sekitar Bukit Tugel. Pemandangan tersebut tidak kalah mengagumkan. 

Menatap ke arah utara, Anda dapat melihat Gunung Merapi yang berdiri kokoh di utara dengan bentukan serupa asap putih dari puncak gunungnya. Masih di arah utara, Anda juga dapat melihat kegagahan Candi Prambanan yang menjadi candi Hindu tercantik.

Di arah lain, Anda dapat melihat pemandangan Kota Jogjakarta, persawahan dan pedusunan di sekitar bukit itu, beberapa candi yang terletak lebih di bawah, dan pemandangan menarik lainnya. Anda juga dibebaskan untuk menelusuri setiap sudut di Bukit Tugel itu. Setelah itu, Anda akan berjalan pulang ke lokasi menginap sambil menikmati pemandangan di kanan kiri trek menuju Bukit Tugel.

(Sumber: www.yogyes.com, dengan pengubahan)

Cara Menanggapi Isi Laporan

Tanggapan terhadap laporan dapat berupa pertanyaan, pengungkapan persetujuan dan ketidaksetujuan, tanggapan terhadap isi dan bentuk penyampaian laporan, serta kritik maupun pujian terhadap laporan tersebut.

Contoh tanggapan dari laporan tersebut antara lain berikut.
Laporan tersebut sudah dapat memberikan gambaran terhadap suasana Candi Boko pada suatu saat tertentu. Namun demikian, akan lebih baik jika pada awal laporan tersebut diberikan pengantar sebagai ilustrasi untuk menyampaikan perihal Candi Boko. Selain itu, akan lebih terasa lengkap apabila dalam laporan tersebut disertakan informasi-informasi yang lebih detail.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menanggapi isi laporan

Dalam menanggapi sebuah laporan perlu kalian perhatikan hal-hal berikut.

1. Tanggapan disampaikan secara objektif terhadap laporan yang disampaikan, baik dari segi isi maupun bentuk.

2. Tanggapan disampaikan secara fokus dan tepat sasaran. Dalam hal ini, tanggapan sebaiknya tidak keluar dari isi laporan yang disampaikan.

3. Tanggapan ditujukan untuk membangun atau memperbaiki dari laporan yang disampaikan.

4. Tanggapan disampaikan dengan bahasa yang santun, jelas, dan komunikatif.

Peristiwa atau perihal dalam suatu laporan didasarkan pada kejadian nyata. Karena itu, penulisan suatu laporan harus objektif. Bahasa yang digunakan bahasa lugas, sehingga kalimat-kalimatnya tidak menimbulkan tafsiran lain.

0 Response to "Contoh Laporan Perjalanan Wisata Singkat dan Cara Menanggapi Isi Laporannya"

Post a Comment