loading...

Dampak dan Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Pembahasan kali ini adalah tentang bahaya rokok bagi kesehatan, pengaruh rokok terhadap kesehatan manusia, dampak negatif merokok, akibat merokok, bahaya merokok bagi pelajar, efek dan bahaya rokok serta bahaya asap rokok bagi ibu hamil.

Pengaruh Rokok terhadap Kesehatan Manusia

Tahukah kamu bahwa menghisap asap rokok orang yang merokok lebih berbahaya bagimu daripada bagi si perokok itu sendiri?

Asap utama adalah asap rokok yang terhisap langsung masuk ke paru-paru perokok, kemudian dihembuskan kembali. Asap sampingan adalah asap rokok yang dihasilkan ujung rokok yang terbakar.

Baca juga: Sistem Pernapasan Pada Manusia

Kandungan Rokok

Udara yang mengandung asap rokok dapat mengganggu kesehatan karena asap rokok mengandung zat-zat berbahaya, yaitu diantaranya sebagai berikut.

1. Tar, mengandung bahan kimia beracun yang dapat merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.

2. Karbon monoksida, gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

3. Nikotin, salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah. Nikotin menjadikan pemakainya kecanduan.

Dampak dan Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Gambar: Rokok dan Racun yang Dikandungnya

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia dalam asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner.

Lebih dari itu, menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit angina (nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung), asma, dan alergi terhadap asap rokok. Gejala-gejala yang sering tampak, yaitu iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk, dan sesak napas.

Bahaya asap rokok bagi ibu hamil

Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif berarti menyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung, dan tenggorokan.

Merokok juga dapat mengakibatkan kanker paru-paru dan saluran pencernaan, bronkitis, dan penyakit jantung yang berujung pada kematian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan merokok dapat mengurangi masa hidup seseorang kurang lebih 4 tahun. Data WHO menyebutkan bahwa tiga dekade lagi kurang lebih 10 juta orang akan mati setiap tahun akibat merokok.

Banyak orang tahu bahaya merokok, tetapi banyak yang tidak peduli. Melihat bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan rokok, perlu dilakukan hal-hal berikut ini.

1. Mengkomunikasikan dan informasi tentang bahaya merokok baik bagi si perokok langsung maupun perokok pasif;

2. Menyediakan tempat-tempat khusus bagi orang yang merokok agar yang bukan perokok tidak terkena dampak negatifnya.;

3. Jangan merasa segan untuk menegur perokok, jika kalian merasa terganggu.

Baca juga: Gangguan Sistem Pernapasan

0 Response to "Dampak dan Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

Post a Comment