loading...

Kegunaan, Manfaat dan Fungsi Makanan bagi Tubuh (Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, dan Mineral)

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang fungsi makanan bagi tubuh, fungsi karbohidrat bagi tubuh, fungsi lemak bagi tubuh, fungsi protein bagi tubuh, manfaat karbohidrat bagi tubuh, kegunaan karbohidrat bagi tubuh, kegunaan protein dalam tubuh, dan kegunaan protein dalam makanan.

Fungsi Makanan

Pernahkah kamu mendengar bunyi perutmu pada saat lapar? Makanan diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Bahan makanan dicerna oleh organ pencerna makanan menjadi sari makanan yang siap diserap usus. Sari-sari makanan tersebut akan mengalami proses metabolisme di dalam sel untuk menghasilkan energi.

Karbohidrat, protein, dan lemak merupakan sumber energi sehingga diperlukan dalam jumlah yang besar. Vitamin, garam mineral, dan air merupakan bahan yang diperlukan dalam jumlah yang relatif sedikit, sedangkan air diperlukan dalam jumlah yang banyak.

1. Fungsi Karbohidrat sebagai sumber energi

Karbohidrat merupakan sumber energi. Energi digunakan tubuh untuk bergerak, tumbuh, mempertahankan suhu tubuh, dan berkembang biak.

Kebutuhan akan energi tergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, dan jenis kegiatan yang dilakukan. Bahan makanan apa yang banyak mengandung karbohidrat?

Jika kebutuhan energi telah tercukupi dan karbohidrat masih tersisa, kelebihan tersebut akan ditimbun dalam bentuk lemak pada organ hati dan otot. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Satu gram karbohidrat menghasilkan sekitar 4 kalori.

Tahukah kamu, bagaimana karbohidrat dicerna? Di dalam rongga mulut, karbohidrat diubah menjadi zat gula dengan bantuan enzim ptialin. Karena zat-zat tersebut belum dapat terserap maka perlu dicerna lebih lanjut di usus.

Di dalam usus dua belas jari, karbohidrat diubah menjadi glukosa oleh enzim amilase, kemudian diangkut ke hati, sedangkan sebagian lagi terus mengikuti aliran darah di seluruh tubuh.

Baca juga: Alat dan Saluran Pencernaan pada Manusia

2. Fungsi Protein sebagai pengganti dan pertumbuhan sel

Bahan makanan apa yang mengandung protein? Protein yang dimakan akan dicerna menjadi asam amino. Fungsi protein adalah pembangun tubuh, pengganti sel-sel yang rusak (fungsi struktural), sebagai komponen enzim yang mengakatalis proses biokimia sel (fungsi fungsional).

Berdasarkan sumbernya, protein dibedakan menjadi protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan dengan kandungan asam amino yang lebih lengkap, seperti telur, daging, susu, keju, dan ikan. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan, seperti tempe, tahu, kacang merah, dan kedelai.

Kelebihan protein dalam tubuh akan dibuang bersama urine dan feses. Sebaliknya, jika kekurangan protein akan berakibat membengkaknya kaki dan tangan. Akibat lainnya adalah kwashiorkor yang diderita oleh bayi dan anak-anak.

3. Fungsi Lemak sebagai sumber cadangan energi

Lemak berfungsi sebagai sumber cadangan energi yang disimpan di jaringan bawah kulit dan pelindung tubuh dari suhu rendah. Lemak tersusun oleh unsur karbon, hidrogen, dan sedikit oksigen.

Akibatnya pada saat oksidasi, lemak mempunyai kemampuan mengikat oksigen lebih banyak daripada karbohidrat sehingga lemak mampu menghasilkan oksigen lebih banyak. Satu gram lemak menghasilkan energi sekitar 9 kalori.

Makanan yang banyak mengandung lemak, antara lain kacang, kelapa, minyak jagung, minyak kedelai, mentega, susu, ikan basah, dan lain-lain. Makanan berlemak apa yang sering kamu konsumsi di rumah?

4. Fungsi Vitamin untuk melancarkan metabolisme tubuh

Vitamin merupakan zat pengatur yang tidak dapat menghasilkan energi. Kebutuhan manusia akan vitamin relatif sedikit. Akan tetapi, jika tubuh kekurangan vitamin, kesehatan akan terganggu. Kekurangan tubuh akan vitamin disebut avitaminosis (difisiensi).

Vitamin berfungsi sebagai komponen organik enzim yang disebut koenzim. Ada dua kelompok vitamin, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan yang tidak larut dalam lemak.

Vitamin yang larut pada lemak yaitu A, D, E, K dapat disimpan dalam waktu yang lama. Kelebihan jumlah vitamin yang tidak larut dalam lemak akan dikeluarkan bersama urine.

5. Fungsi Garam mineral

Garam mineral dibutuhkan secara sendiri-sendiri maupun secara kelompok. Setiap garam mineral mempunyai peranan tertentu di dalam tubuh, seperti diuraikan berikut ini.

a. Kalsium

Kalsium merupakan komponen penting bagi pembekuan darah, kontraksi otot, pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium berperan juga bagi kerja jantung, dalam sistem pencernaan, dan sistem reproduksi. Sumber-sumber kalsium terkandung dalam susu, keju, daging, sayuran, dan sereal.

Kegunaan, Manfaat dan Fungsi Makanan bagi Tubuh (Karbohidrat, Protein, Lemak)
Gambar: Macam-macam Makanan Berkalsium

b. Zat Besi

Zat besi penting untuk menghasilkan hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Zat besi banyak ditemukan dalam daging merah, telur, dan unggas, sereal, serta beberapa sayuran hijau, seperti bayam.

c. Iodium

Iodium mula-mula diserap di dalam sel folikel dari kelenjar gondok dalam bentuk garam iodida. Sel folikel mengubah iodida menjadi iodium. Sumber iodium diantaranya makanan laut, produk susu, dan garam beriodium.

d. Magnesium

Magnesium terdapat pada daun sayuran, daging, dan kentang. Magnesium berfungsi sebagai kofaktor enzim pada metabolisme karbohidrat.

e. Fosfor

Fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat terdapat dalam tubuh sebanyak 80% berada dalam tulang dan gigi. Fungsinya sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi.

Fosfor juga berperan dalam pertumbuhan anak, sintesis DNA, serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kandungan fosfor dalam makanan banyak terdapat dalam makanan yang tinggi protein dan makanan olahan.

f. Kalium atau potasium

Unsur ini sangat penting bagi perambatan impuls saraf. Dapat diperoleh dari buah pisang dan sayuran.

g. Natrium atau sodium

Unsur ini berperan dalam perambatan impuls saraf dan menjaga keseimbangan osmotik. Sumbernya adalah garam dapur dan sayuran.

6. Fungsi Air

Air berfungsi melarutkan zat makanan, mempercepat reaksi di dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, dan mengangkut zat sisi ke alat pembuangan.

Baca juga: Proses Pencernaan Makanan 

0 Response to "Kegunaan, Manfaat dan Fungsi Makanan bagi Tubuh (Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, dan Mineral)"

Post a Comment