loading...

Macam-macam Sendi dan Bentuk-bentuknya pada Sistem Persendian Manusia (Artikulasi)

Persendian merupakan hubungan antara tulang dengan tulang. Hubungan ini adakalanya longgar sehingga memungkinkan kedua tulang yang berhubungan dapat bergerak bebas. Namun, ada hubungan antar tulang yang sangat erat sehingga tidak memungkinkan adanya gerakan.

Macam-macam Sendi

Persendian dapat dibedakan berdasarkan kemungkinan adanya gerak antar tulang yang berhubungan dan strukturnya.

a. Berdasarkan adanya gerak

Persendian berdasarkan kemungkinan geraknya dapat dibedakan atas sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis.

1) Sinartrosis (sendi mati) merupakan persendian yang tidak memungkinkan adanya gerak sama sekali antara tulang yang bersambungan. Contohnya, persendian antara tulang-tulang tengkorak (sutura).

2) Amfiartrosis adalah persendian yang memungkinkan adanya sedikit gerakan antara tulang-tulang yang bersendi. Contohnya, persambungan antara ruas-ruas tulang belakang dan antara tulang rusuk dan tulang dada.

3) Diartrosis adalah persendian yang memungkinkan adanya gerak bebas antara tulang-tulang yang bersendi. Sebagian besar persendian rangka tubuh manusia merupakan diartosis.

Baca juga: Macam-macam Jenis Fungsi Rangka pada Manusia

Diartrosis dibedakan menjadi 6 macam, yaitu

a) Sendi engsel

Persendian ini memungkinkan adanya gerakan hanya satu bidang datar, seperti gerak membuka dan menutup pintu. Gerakannya berupa gerak mengecilkan sudut (fleksi) atau gerak membesarkan sudut (ekstensi). Contoh: sendi siku dan sendi lutut. Coba gerakkan siku dan lututmu.

b) Sendi luncur (geser)

Sendi ini memungkinkan gerak kiri kanan dan muka belakang. Contoh: sendi antara tulang-tulang karpal dan tarsal.

c) Sendi peluru

Permukaan sendi tulang pertama berbentuk seperti bola yang masuk ke permukaan cekung atau seperti mangkuk dari tulang kedua. Sendi ini memungkinkan gerakan triaksial, yaitu gerak fleksi-ekstensi, gerak abduksi-aduksi, dan rotasi. Contoh: persendian antara tulang lengan atas dengan tulang belikat.

d) Sendi putar

Permukaan tulang pertama membulat, meruncing, atau berbentuk kerucut dan bersendi dengan lekuk yang dangkal dari tulang lain. Sendi ini hanya dapat bergerak satu arah (monoaksial) yang memutar.

Contoh: persendian antara tulang atlas dan dasar tulang tengkorak yang menghasilkan gerak geleng kepala. Mari kita coba untuk menggelengkan kepala, apa yang kamu rasakan?

e) Sendi pelana

Sendi ini dibentuk oleh tulang dengan permukaan cekung yang masuk ke dalam tulang yang permukaannya cembung. Persendian ini memungkinkan gerak menyamping (kanan-kiri) dan gerak muka belakang. Contoh: sendi antara ruas jari dengan telapak tangan. Coba kamu gerakkan telapak tanganmu. Apa yang kamu rasakan?

f) Sendi elipsoidal

Sendi ini dibentuk oleh ujung tulang berbentuk oval yang masuk ke cekungan tulang lain yang berbentuk elips. Gerakannya ke arah kanan-kiri dan muka belakang. Contoh: sendi antara tulang radius dan tulang karpal yang memungkinkan telapak tangan ke atas bawah dan ke kanan kiri.

Macam-macam Sendi dan Bentuk-bentuknya pada Sistem Persendian Manusia (Artikulasi)
Gambar: Macam-macam Persendian

b. Berdasarkan struktur atau jaringan yang menghubungkannya

Persendian antara tulang-tulang berdasarkan jaringan yang menghubungkannya dapat dibedakan atas:

1) sindesmosis: persendian di mana tulang yang bersendi dihubungkan oleh jaringan fibrosa padat. Misalnya, hubungan sutura anak yang masih dalam pertumbuhan.

2) sinkondrosis: persendian di mana tulang yang bersendi dihubungkan oleh tulang rawan hialin. Misalnya, persendian antara ruas-ruas tulang belakang.

3) sinostosis: persendian di mana antara tulang yang bersendi dihubungkan oleh jaringan tulang. Misalnya, sutura orang dewasa.

Baca juga: Sistem Gerak pada Manusia

0 Response to "Macam-macam Sendi dan Bentuk-bentuknya pada Sistem Persendian Manusia (Artikulasi)"

Post a Comment