loading...

Pengertian dan Contoh Akronim Terlengkap

Contoh Akronim

Perhatikan Paragraf beriktu!

Pendidikan soft skills tidak seharusnya melalui satu mata pelajaran khusus, melainkan diintegrasikan melalui mata pelajaran yang sudah ada atau dengan menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satunya adalah pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning).

Pembelajaran kontekstual (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru. CTL juga mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Selain itu, CTL mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari dengan melibatkan komponen utama pembelajaran. 

Komponen tersebut yaitu konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Sebuah kelas dikatakan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual apabila menerapkan ketujuh komponen tersebut dalam proses pembelajaran. (Sumber: Republika, 23 Januari 2008 dengan pengubahan)


Pengertian dan Contoh Akronim Terlengkap
Contoh Akronim

Dalam bacaan terdapat singkatan CTL yang merupakan singkatan dari Contextual Teaching and Learning, yaitu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Singkatan berbeda dengan akronim. Tahukah kamu akronim itu?

Pengertian Akronim

Dalam KBBI Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar (2002:21).

Contoh dan Cara Penulisan Akronim

1) Jika diambil huruf awal, maka ditulis dengan huruf kapital, seperti OSIS, ASRI, AIDS, dan sebagainya;

2) Jika berupa nama diri, maka ditulis huruf kapital awalnya saja, seperti: Basamas, Askes, Atdikbud, dan sebagainya;

3) Jika bukan nama diri, ditulis dengan huruf kecil, seperti pemilu, puskesmas, amdal, dan lain-lain.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Akronim Terlengkap"

Post a Comment