loading...

Pengertian dan Macam-macam Jenis Sudut Pandang dalam Cerpen serta Contohnya

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang definisi dan pengertian sudut pandang dalam cerpen, macam-macam sudut pandang, jenis-jenis sudut pandang, contoh sudut pandang dalam cerpen, contoh cerpen sudut padang pertama, contoh cerpen sudut panang ketiga dan contoh cerpen sudut pandang campuran.

Pengertian sudut pandang

Sudut pandang (point of view) adalah cara penulis dalam menempatkan dirinya dalam sebuah cerita atau teknik yang dipilih oleh penulis untuk menyampaikan pesan dalam cerita yang ditulisnya.

Macam-macam sudut pandang dalam cerpen

Dalam sebuah cerita semisal cerpen, penulis dapat menempatkan dirinya dalam posisi sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang ketiga, sudut pandang orang kedua dan sudut pandang campuran.

1. Sudut pandang orang pertama

Sudut pandang orang pertama dalam cerita dapat menggunakan kata ganti “aku” dan “saya” sebagai kata ganti orang pertama tunggal, atau menggunakan kata “kami” sebagai kata ganti orang pertama jamak.

Sedangkan kedudukan “aku” sebagai kata ganti orang pertama  dalam sebuah cerita dapat digolongkan menjadi dua, yaitu cerita atau cerpen sudut pandang orang pertama pelaku utama dan cerpen sudut pendang orang pertama pelaku sampingan.

Pengertian dan Macam-macam Jenis Sudut Pandang dalam Cerpen serta Contohnya
Sudut Pandang dalam Cerpen

2. Sudut pandang orang ketiga

Dalam penulisan sebuah cerita, pengarang atau penulis juga dapat menggunakan sudut pandang orang ketiga dengan kata ganti orang ketiga tunggal seperti “dia” atau “ia” dan juga dapat menggunakan kata ganti orang ketiga jamak seperti “mereka”.

Kedudukan “dia” sebagai kata ganti orang ketiga dalam sudut pandang orang ketiga dapat digolongkan menjadi beberapa bagian, diantaranya; sudut pandang orang ketiga serba tahu atau sudut pandang orang ketiga pelaku utama dan sudut pandang orang ketiga terbatas atau sudut pandang orang ketiga pelaku sampingan.

3. Sudut pandang campuran

Dalam cerpen, penulisa atau pengarang juga dapat menggunakan sudut pandang orang pertama sekaligus menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam sebuah cerita, atau yang sering disebut sebagai sudut pandang campuran.

Demikian pembahasan singkat tentang penggunaan sudut pandang dalam sebuah cerpan, adapaun penggunaan sudut pandang orang kedua dalam cerita sangat jarang digunakan oleh para penulis atau pengarang cerita.

Baca juga: Menggambarkan Watak Tokoh

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Sudut Pandang dalam Cerpen serta Contohnya"

Post a Comment