loading...

Pengertian Denah, Fungsi dan Unsur-unsurnya serta Contoh Cara Membaca Gambar Denah dan Petunjuk Arah

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian denah, cara menemukan tempat dan menentukan arah pada denah, contoh denah sekolah, contoh denah rumah, contoh denah bangunan, dan cara membaca gambar denah, fungsi denah dan unsur-unsur denah serta petunjuk arah.

Pengertian denah

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya; peta atau gambar rancangan (rumah, bangunan, dan sebagainya).

Penyajian suatu informasi tidak mutlak disampaikan dalam bentuk teks atau wacana yang berbentuk paragraf. Ketika kalian menemukan informasi berbentuk denah, dapatkah kalian memahaminya?

Pemahaman tersebut dapat diperoleh dengan membaca denah secara bersungguh-sungguh atau secara intensif. Untuk mempertajam kemampuan kalian memahami informasi yang disajikan dalam bentuk denah, cermatilah ilustrasi berikut beserta penjelasannya.

Fungsi dan unsur-unsur denah

Secara umum denah dapat berfungsi untuk mempermudah menentukan arah atau menemukan suatu tempat yang terdapat pada gambar atau denah tersebu. Adapun unsur-unsur denah yang paling utama adalah adanya judul denah, gambaran umum lokasi, arah utara dan penyebutan nama-nama dari setiap tempat pada gambar denah.

Contoh Cara Membaca Gambar Denah

Ketika kalian berada di depan sekolah (SMP 2 Mandiri), tibatiba seorang ibu menghampiri kalian dan menanyakan lokasi Kantor Dinas Pariwisata sambil menunjukkan sebuah denah. Perhatikan denah yang ditunjukkan berikut dengan cermat!

Pengertian Denah dan Contoh Cara Membaca Gambar Denah
Gambar: Denah Kota

Penjelasan lokasi Kantor Dinas Pariwisata berdasarkan denah tersebut, dapat kalian deskripsikan seperti berikut ini.
Kantor Dinas Pariwisata terletak di Jalan Ikrar Bakti. Dari sini, Ibu silakan jalan lurus ke barat hingga ujung Jalan Darma Bakti ini. Setelah sampai ujung, Ibu akan menemukan Jalan Garuda, silakan belok ke kanan atau arah utara. Ikuti Jalan Garuda tersebut, Ibu akan melewati Bundaran Kota dan setelah itu sebuah jembatan. Setelah jembatan tersebut, Ibu akan menemukan pertigaan, tepatnya di depan SMA 1 Mandiri. Silakan Ibu belok ke kanan, di situ Jalan Ikrar Bakti. Ikuti jalan tersebut hingga melewati sebuah perempatan. Nah, setelah perempatan itulah Kantor Dinas Pariwisata. Kantor Dinas Pariwisata terletak di kiri jalan, berseberangan dengan lapangan sepak bola.
Demikian pembahasan singkat tentang pengertian denah dan contoh cara membaca gambar denah serta cara menemukan tempat dan menentukan arah pada denah.

0 Response to "Pengertian Denah, Fungsi dan Unsur-unsurnya serta Contoh Cara Membaca Gambar Denah dan Petunjuk Arah"

Post a Comment