loading...

Pengertian Gagasan Utama (Ide Pokok) Paragraf dan Contoh Cara Menemukannya dalam Teks

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian gagasan utama dalam paragraf atau ide pokok atau gagasan pokok atau kalimat utama atau kalimat topik atau pikiran utama. Itulah istilah lain dari gagasan utama.

Pengertian Gagasan Utama

Gagasan utama atau Ide Pokok adalah kalimat yang menjadi inti dari sebuah pembahasan atau juga dapat diartikan bahwa gagasan utama adalah pernyataan yang mendasari sebuah paragraf untuk dikembangkan.

Setiap wacana atau bacaan mengandung informasi atau permasalahan. Informasi tersebut tersaji dalam suatu paragraf. Suatu paragraf terdiri atas satu gagasan utama yang dirangkai dengan beberapa kalimat penjelas.

Gagasan utama atau kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, tengah paragraf, di akhir paragraf, maupun di awal dan di akhir paragraf.

Contoh Gagasan Utama dalam Paragraf

Perhatikan contoh berikut!

Bersahabat dengan Internet

Besok internet akan datang ke desa kita. Internet bisa mengajak kita melihat dunia. Internet juga akan menyampaikan surat kepada teman kita di seberang pulau, bahkan di seberang benua sana.

Begitu kira-kira bunyi salah satu iklan layanan masyarakat yang bisa kita saksikan melalui televisi. Bayangkan, hanya dengan internet kita bisa mengetahui kabar terbaru dari seluruh dunia. Kita juga bisa tahu seperti apa keadaan roket yang sedang diuji coba di luar angkasa.

Dengan sebuah blog, kita bisa menjadi penulis dengan memajang karya kita. Bahkan, kita bisa bercakap-cakap sambil menatap sahabat pena di Afrika melalui web camera. Hanya dengan duduk di depan layar komputer, kita sudah dapat browsing, chatting, surfing, atau bermain games.

Aturan main Berinternet

Ya, tetapi jangan lupa bersahabat dengan internet ada aturannya. Kalau tidak tahu aturan dan cara bermainnya, bersahabat dengan internet bisa merugikan. Teman-teman tentu pernah mendengar kisah tentang seorang anak yang diculik saat pulang sekolah, lalu orang tuanya harus memberi sejumlah uang sebagai tebusan.

Setelah ditelusuri, ternyata kasus penculikan itu berawal dari kesenangan anak tersebut pada internet yaitu chatting. Tanpa disadari anak tersebut memberikan data-data pribadinya kepada teman chatting yang ternyata seorang penjahat yang menyamar sebagai anak-anak.
Pengertian Gagasan Utama (Ide Pokok) Paragraf dan Contoh Cara Menemukannya dalam Teks
Gambar: Aturan Berinternet

Agar kejadian seperti itu tidak menimpa kita, ikuti rambu-rambu berikut.

1. Tidak memberikan informasi pribadi

Di internet, setiap orang bisa menyamar sebagai siapa saja. Bisa saja teman chatting-mu mengaku berusia 10 tahun, padahal ia orang dewasa seusia ayah atau ibumu. Itu sebabnya, jangan pernah memberi informasi pribadi, seperti nomor telepon, alamat rumah, alamat/nomor telepon kantor orang tua, atau nama dan lokasi sekolah tanpa izin orang tua.

2. Tidak pergi sendiri

Ajak orang tua atau orang dewasa lain dalam keluarga untuk menemani jika kamu ingin bertemu seseorang yang dikenal melalui internet.

3. Jangan malu bertanya

Terutama kepada orang tua atau kakak mengenai internet, seperti cara melindungi informasi pribadi, cara menggunakan chat romms, news group, atau fasilitas lainnya dalam internet.

4. Tidak membuka sembarang situs

Lupakan keinginan dan rasa penasaranmu untuk membuka sembarang situs, apalagi situs untuk orang dewasa. Hal itu hanya akan merugikan dirimu sendiri. Beri tahu orang tua jika menemukan informasi yang membuatmu gelisah. Selain itu, segera hapus bila kamu mendapat e-mail yang isinya tak sopan.

5. Teliti dan hati-hati

Pastikan untuk tidak memberikan password-mu kepada siapa pun, termasuk teman akrab, kecuali kepada orang tua. Jangan lupa menekan tanda keluar atau sign out atau log out, jika selesai membuka e-mail atau situs lain, terutama di warung internet. Ini untuk menghindari orang lain mengetahui identitasmu dan memasuki situs tertentu dengan menggunakan identitasmu.

6. Awas virus

Sebelum men-download data atau meng-install software ke komputer rumah, konsultasi dulu dengan orang tua. Cara download atau install software yang kurang hati-hati bisa menyebabkan komputer terserang virus. Kamu nggak mau kan komputermu rusak dan semua arsip penting lenyap karena serangan virus?

7. Buat kesepakatan

Satu ini wajib hukumnya! Buatlah kesepakatan dengan orang tua, apa saja yang menjadi ketentuan dalam menggunakan internet. Misalnya kapan, di mana, dan berapa lama kamu boleh menggunakan internet. Pastikan juga situs apa saja yang boleh dibuka.

Enggak susah, kan? Yang kita perlukan hanya kesadaran untuk berdisiplin dan tanggung jawab kepada diri sendiri, kok. Dengan begitu, internet akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita.

Dyah Pratitasari
Penulis Lepas
Tinggal di Jakarta
Kompas, 25 Maret 2007.

Contoh Cara Menemukan Gagasan Utama dalam Teks

Dalam bacaan tersebut, terdapat beberapa kalimat atau gagasan utama, yaitu sebagai berikut.

1. Paragraf pertama ==> Keuntungan memanfaatkan layanan internet.

2. Paragraf kedua ==> Jenis layanan atau fasilitas internet.

3. Paragraf ketifa ==> Kerugian bersahabat dengan internet.

4. Paragraf keempat ==> Rambu-rambu menggunakan internet.

Baca juga: Biografi Ismail Marzuki

0 Response to "Pengertian Gagasan Utama (Ide Pokok) Paragraf dan Contoh Cara Menemukannya dalam Teks "

Post a Comment