loading...

Tips, Cara dan Teknik Membaca Cepat 200 Kata Per Menit

Pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara dan langkah membaca cepat, metode membaca cepat, baik membaca cepat 200 kata per menit, membaca cepat 250 kata per menit, membaca cepat 300 kata per menit dan seterusnya.

Sekarang ini, kamu sangat mudah memperoleh informasi. Informasi tersebut dapat berasal dari mana saja. Media informasi yang paling banyak ditemukan adalah media cetak. Media cetak pun beragam jenisnya, antara lain buku, majalah, koran, dan tabloid.

Media cetak tersebut menyajikan informasi berupa bacaan tentang berbagai hal, misalnya, politik, ekonomi, budaya, olahraga, pendidikan, perbankan, otomotif, fashion, peternakan, pertanian, bahkan informasi seputar artis.

Selain media cetak, kamu juga dapat memperoleh informasi dari media elektronik. Saat kamu menonton televisi, kadang-kadang di bagian bawah layar televisi terdapat tulisan yang bergerak terus.

Tulisan tersebut merupakan informasi. Apabila kamu mengenal internet, kamu juga dapat menemukan informasi dalam internet tersebut. Semua informasi tersebut, baik yang ada dalam media cetak maupun media elektronik ditampilkan dalam bentuk tulisan yang dapat kamu baca.

Pengertian Cara Membaca Cepat

Membaca merupakan suatu keterampilan. Kemampuan membaca setiap orang tidak sama. Kemampuan seseorang dalam membaca dapat diketahui dari kecepatan membacanya.

Pada umumnya, kecepatan membaca diukur dari banyaknya jumlah kata yang terbaca dalam satu menit. Setiap orang dapat meningkatkan kemampuannya dalam membaca cepat. Kecepatan membaca ini juga harus diimbangi dengan keefektifan membaca, artinya mampu memahami isi bacaan.

Cara dan Teknik Membaca Cepat

Bagaimana cara untuk meningkatkan kecepatan membaca? Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan membaca, antara lain.

1. Berlatih konsentrasi

Saat membaca, terjadi kerja sama antara mata dan otak. Jika mata atau otak tidak bekerja dengan baik, hasil membaca juga tidak baik. Oleh karena itu, konsentrasi juga perlu dilatih. Setiap orang mempunyai cara sendiri untuk membaca dengan konsentrasi.

Ada orang yang dapat berkonsentrasi jika mendengarkan musik, ada pula yang lebih enak jika membaca sambil makan. Ada pula yang memilih membaca dalam suasana hening. Seorang pembaca yang terlatih dapat berkonsentrasi membaca dalam berbagai situasi.

Ia dapat membaca saat suasana hening, diiringi musik, saat dalam kendaraan selama perjalanan atau dalam situasi lain. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu seorang pembaca yang terlatih?

Untuk melatih konsentrasi kamu, hitunglah jumlah tanda berikut tanpa menggunakan bantuan tangan. Gunakan gerakan mata saja!

Tips, Cara dan Teknik Membaca Cepat 200 Kata Per Menit
Gambar: Metode Membaca Cepat

2. Berlatih membaca dalam hati (tanpa suara)

Apakah saat membaca kamu masih bersuara? Membaca dengan bersuara merupakan kebiasaan yang kurang baik, bahkan terkadang dapat mengganggu orang lain.

Misalnya saja kamu membaca di perpustakaan sambil bersuara, orang-orang yang ada di perpus-takaan itu pasti akan merasa terganggu.

Selain akan mengganggu orang lain, kebiasaan tersebut juga dapat mengurangi konsentrasi sebab otak kita melakukan empat pekerjaan sekaligus. Keempat pekerjaan itu adalah membaca, bersuara, mendengar, dan memahami isi bacaan.

Bagaimana cara mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan bersuara saat membaca? Kamu bisa menggerakan bibir saja tanpa mengeluarkan suara.

Dapat juga membaca sambil makan atau mengunyah sesuatu. Namun, dua hal tersebut harus dilakukan seminimal mungkin agar tidak menjadi kebiasaan yang tidak baik.

Baca Juga: Macam Jenis Surat Pribadi

0 Response to "Tips, Cara dan Teknik Membaca Cepat 200 Kata Per Menit"

Post a Comment