loading...

Bunyi Hukum Pascal, Contoh Soal Dan Rumus Hukum Pascal Serta Contoh Penerapan Hukum Pascal Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang hukum paskal, bunyi hukum pascal, rumus hukum pascal, contoh soal hukum pascal, satuan hukum pascal, contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari, dan prinsip hukum pascal.

Bunyi Hukum Pascal

Jika ke dalam suatu zat cair di ruang tertutup diberikan gaya tekan maka tekanannya akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata. Percobaan ini pertama kali dilakukan Blaise Pascal (1623–1662).
Bunyi Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah sama besar.

Percobaan Blaise Pascal (1623–1662)

Blaise Pascal lahir di Clermont-Ferrand, Prancis, 19 Agustus 1623. Sejak kecil, Pascal sakit-sakitan sehingga ia tidak bersekolah. Akan tetapi, ia sangat tekun belajar. Pada usia 16 tahun, Pascal telah dapat menulis buku kecil tentang kerucut. Ia sudah dapat membuat kalkulator digital pertama di dunia pada usia 18 tahun.

Pascal adalah ahli fisika, penemu hukum Pascal, alat suntik, kempa hidrolik, dan masih banyak lagi. Penemuan Pascal mengenai tekanan pada zat cair diawali dengan mempelajari percobaan Torricelli sampai pada akhirnya ditemukan hukum tekanan zat cair. Pada usia 39 tahun, Pascal wafat karena menderita penyakit kanker.
Bunyi Hukum Pascal, Contoh Soal Dan Rumus Hukum Pascal Serta Contoh Penerapan Hukum Pascal Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Gambar: Kempa Hidrolik

Amati gambar di atas. Sebuah bejana berhubungan berisi zat cair dengan permukaan zat cair pada kedua bejana ditutup dengan pengisap. Luas bejana I = A1, sedangkan luas bejana II = A2.

Rumus Hukum Pascal

Jika pada pengisap I diberi gaya tekan F1 maka tekanan yang dihasilkan P1 = F1 : A1 menurut hukum pascal. Tekanan ini akan diteruskan melalui zat cair ke bejana II sehingga penampang bejana
II (A2) mendapat gaya tekan F2 = P1 A2 = F1 : A1 x A2
Jadi,

Keterangan:
P = tekanan yang diteruskan (N/m2)
F1 = gaya tekan pada bejana I (N)
F2 = gaya tekan pada bejana II (N)
A1 = luas penampang bejana I (m2)
A2 = luas penampang bejana II (m2)

Contoh Soal Hukum Pascal

Sebuah mobil yang beratnya 8.000 N akan diperbaiki bagian bawahnya. Mobil tersebut diangkat dengan alat pengangkat mobil. Piston kecil pada alat pengangkat mobil itu diberi gaya sebesar 200 N. Jika luas penampang piston kecil 5 cm2, berapakah luas penampang piston besar?

Pembahasan

Diketahui:
F1 = 8.000 N
A1 = 5 cm2 = 5 x 10-4 m2
F2 = 200 N

Ditanya:
A2 = ...?

Jawab:
F1 : A1 = F2 : A2
       A2 = (F2 : F) x A2
                = (8.000 : 200) x 5 x 10-4  x 10-1  m2

Jadi, luas penampang piston besar adalah 0,2 m2.

Contoh Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari

Alat-alat yang bekerja berdasarkan hukum Pascal antara lain alat pengangkat mobil, dongkrak hidrolik, kempa hidrolik, dan rem mobil.

Dongkrak Mengilhami Teknologi Sosrobahu

Apa itu teknologi Sosrobahu? Teknologi ini merupakan teknologi bidang konstruksi yang menggunakan prinsip dongkrak. Alat ini memadukan hukum gesekan untuk memutar beban dan hukum Pascal untuk mengangkat beban. Karya teknik ini diterapkan pada pengerjaan proyek jalan layang.

Tiang penyangga jalan yang sudah kering dan dibangun sejajar ruas jalan, diputar 900 melintang jalan. Hal tersebut dilakukan dengan cara memasang piringan baja berdiameter 80 cm dibawa tiang penyangga. Setelah tiang tersebut kering, oli pelumas sebanyak 78,05 kg/cm2 dipompakan sehingga tiang penyangga dengan mudah dapat diputar.

0 Response to "Bunyi Hukum Pascal, Contoh Soal Dan Rumus Hukum Pascal Serta Contoh Penerapan Hukum Pascal Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment