loading...

Pengertian dan Macam-macam Jenis Teropong, Fungsi serta Bagian-bagian Teropong

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu alat optik yaitu Teropong, pengertian teropong, macam-macam teropong, jenis-jenis teropong, fungsi teropong, fungsi teropong bintang, fungsi teropong bumi, bagian-bagian teropong, teropong bintang, teropong bumi, teropong prisma, teropong sandiwara, harga jual teropong bintang, teropong tembus pandang, teropong binocular, teropong jarak jauh, teropong pantul dan teropong bias.

Pengertian Teropong

Pernahkah kamu melihat benda yang jauh letaknya dengan menggunakan suatu alat? Teropong adalah alat untuk melihat benda-benda yang jauh letaknya. Misalnya, melihat bintang, musuh di peperangan, dan kapal di laut.

Seperti halnya mikroskop, teropong terdiri dari lensa objektif dan lensa okuler. Jika jarak fokus objektif pada mikroskop adalah kecil maka jarak fokus objektif pada teropong adalah besar.

Bayangan yang dibentuk lensa objektif dari benda selalu jatuh pada titik fokus lensa objektif karena letak benda yang diambil sangat jauh.

Macam-macam Jenis Teropong

Berikut ini diantara macam-macam jenis teropong;

a. Teropong bintang

Inginkah kamu melihat bintang pada malam hari dengan sangat jelas? Keinginan tersebut dapat tercapai jika kamu menggunakan teropong bintang. Teropong bintang terdiri dari dua lensa cembung, yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Bayangan dari benda yang diamati lensa objektif selalu jatuh di titik fokus objektif.

Untuk pengamatan mata normal yang tidak berakomodasi, bayangan benda oleh objektif jatuh di titik fokus okuler sehingga titik fokus objektif berimpit dengan titik fokus okuler.

Untuk pengamatan normal berakomodasi maksimum, bayangan benda oleh objektif jatuh di muka okuler sedemikian sehingga bayangan oleh okuler jatuh di titik dekat mata (PP = 25 cm).

Bayangan akhir teropong bintang bersifat maya, terbalik, diperbesar. Nilai So.ok dapat dicari dengan rumus seperti pada lup atau mikroskop. Di belakang lensa okuler dapat diletakkan kamera untuk memotret hasil pengamatan.

Pernahkah kamu melihat teropong bintang yang besar? Teropong bintang yang besar dapat kamu lihat di Boscha Bandung atau Planetarium Jakarta. Teropong bintang disebut teropong pantul jika lensa objektif pada teropong bintang diganti dengan cermin cekung.
Pengertian dan Macam-macam Jenis Teropong, Fungsi serta Bagian-bagian Teropong
Gambar: Teropong Bintang

b. Teropong bumi (teropong Yojana)

Teropong bumi digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh letaknya, misalnya kapal dan gunung berapi. Alat ini terdiri atas tiga buah lensa cembung yang berfungsi sebagai lensa objektif, lensa pembalik, dan lensa okuler. Lensa pembalik diletakkan di antara lensa objektif dan lensa okuler sehingga jarak antara bayangan yang dibentuk lensa objektif dengan lensa pembalik = 2f pembalik.

Jadi, terbentuk bayangan nyata, terbalik, dan sama besar. Bayangan akhir yang dibentuk lensa okuler terlihat tegak seperti benda yang kita amati. Sifat bayangan akhir teropong bumi adalah tegak, maya, dan diperbesar.

c. Teropong sandiwara (teropong panggung/teropong tonil)

Pernahkah kamu menonton teater atau sandiwara? Jika pernah, perhatikan penonton yang duduk di atas balkon. Adakah yang menggunakan teropong? Biasanya, teropong sandiwara digunaka untuk melihat adegan di panggung sandiwara.

Alat ini terdiri atas sebuah lensa cembung sebagai lensa objektif dan sebuah lensa cekung sebagai lensa okuler. Karena benda yang diamati jauh letaknya, bayangan yang dibentuk lensa objektif terletak di titik api dan bayangan ini merupakan benda maya untuk lensa okuler.

Jika mata normal tidak berakomodasi memakai alat ini, bayangan yang dibentuk lensa objektif terletak di titik lensa okuler. Jika mata berakomodasi maksimum, bayangan tersebut diletakkan di antara lensa okuler dan titik api sehingga terbentuk bayangan maya, tegak, dan diperbesar.

d. Teropong prisma

Teropong prisma sama seperti teropong bumi, tetapi lensa pembalik diganti dengan dua buah prisma optik sehingga teropong ini tidak terlalu panjang. Misalnya, periskop pada kapal selam untuk melihat keadaan di atas laut.

Baca juga: Macam-macam Alat Optik

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Teropong, Fungsi serta Bagian-bagian Teropong"

Post a Comment