Pengertian dan Rumus Momen Inersia serta Contohnya

Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang pengertian momen inersia, rumus momen inersia, contoh momen inersia, momen inersia uteri dan torsi, momen inersia benda tegar, pengertian momen gaya dan contoh momen gaya, momen kelembaman, tabel momen inersia, pengertian torsi, pengertian kelembaman, rumus torsi, momen inersia lingkaran, hukum kelembaman, momen inersia bola pejal, momen inersia batang, momen kopel, gaya inersia, dan momen inersia polar.

Apa rumus dimensi momen inersia,momen gaya ? Penurunan rumus momen inersia silinder pejal Penurunan Rumus Momen Inersia Plat Segiempat? Rumus momen inersia silinder berongga dan silinder tipis berongga!

Pengertian Momen Inersia

Inersia adalah kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaannya ( tetap diam atau bergerak). Benda yang sukar bergerak dikatakan memiliki inersia  yang besar. Begitu juga bumi yang selalu dalam keadaan berotasi memiliki inersia rotasi.

Jadi Momen Inersia adalah ukuran dari besarnya kecenderungan berotasi yang ditentukan oleh keadaaan benda atau partikel penyusunnya.

Kecenderungan sebuah benda untuk mempertahankan keadaannya yang diam atau bergerak lurus beraturan disebut inersia. Inersia disebut juga lembam. Keadaan alami benda ini berkaitan erat dengan hukum I Newton. Oleh karena itu, hukum I Newton disebut juga hukum inersia atau hukum kelembaman.

Rumus Momen Inersia

Apakah momen inersia itu, mari kita mulai dari pembahasan momen inersia titik partikel. Gambar di bawah ini melukiskan sebuah titik partikel dengan massa m sedang melakukan gerak rotasi pada sumbunya dengan jari-jari R.

Gambar: Gerak Rotasi Partikel

Momen inersia dari titik partikel tersebut dinyatakan sebagai hasil kali massa partikel dengan kuadrat jarak partikel ke sumbu putar (jari-jari). Dengan demikian momen inersia titik partikel dapat dinyatakan dengan:

I = m.R2

Keterangan:
I    = Momen Inersia (Kg m2)
m  = Massa partikel (Kg)
R  = Jari-jari Rotasi (m)

Benda yang terjadi dari beberapa partikel yang berotasi pada sumbunya maka momen inersianya merupakan jumlah momen inersia dari partikelpartikel yang terkandung di dalam benda tersebut. Sehingga dapat dinyatakan dengan:

I = Ʃmn.Rn2

Benda-benda yang teratur bentuknya dan berotasi pada suatu sumbu tertentu mempunyai persamaan momen inersia tertentu seperti pada tabel berikut.

Pengertian dan Rumus Momen Inersia serta Contohnya
Pengertian dan Rumus Momen Inersia serta Contohnya
Tabel: Momen Inersia untuk Bangaun Beraturan

Contoh Momen Inersia dalam kehidupan sehari-hari

Apa yang terjadi jika sepeda motor yang sedang melaju tinggi di rem dengan tiba-tiba? Sebenarnya, pada saat tersebut adanya kecenderungan sepeda motor untuk mempertahankan geraknya.

Apakah kecenderungan tersebut berlaku untuk benda diam? Coba kamu letakkan penghapus di atas kertas HVS yang berada di atas meja. Kemudian, tarik kertas tersebut dengan cepat.

Ternyata, penghapus tetap tertinggal di atas meja. Jadi, jelas bahwa ada sifat alami benda yang cenderung mempertahankan keadaannya yang diam.

Komentar ditutup.